ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Khitanan Massal Berteknologi Laser

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menyusul rangkaian acara pembukaan Dies Natalis ITS ke 44, panitia kegiatan sosial untuk ulang tahun ITS kali ini tidak mau ketinggalan memberikan kepastian kegiatan yang akan diselenggarakannya. Satu diantara sekian banyak kegiatan sosial yang direncanakan adalah Khitanan Massal Ceria yang akan dilaksanakan pada 9 Oktober 2004 nanti. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh panitia tim Baksos W. Widodo saat ditemui di ruang sekretariat dies natalis ITS ke 44 FTK-Gedung Rektorat lt.3.

"Hingga saat ini ada beberapa kegiatan yang masih dalam pertimbangan panitia umum. Dan untuk khitanan ceria ini kita sudah bisa pastikan itu bakal terlaksana," kata Widodo dengan nada optimis. Khitanan massal yang akan diselenggarakan kali ini dinamai Khitanan Massal Ceria Berbasis Teknologi Laser.

Mengapa disebut berbasis teknologi laser ? Widodo menjelaskan, hal itu lebih karena beberapa keuntungan yang akan didapat. "Dalam khitanan kali ini, sterilitas peralatan jauh lebih terjamin dan itu akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan anak," ungkap Widodo. Khitanan massal kali ini juga menjanjikan proses pengkhitanan yang lebih cepat, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Selain itu, ditambahkannya, pendarahan yang biasa terjadi pada proses pengkhitanan dipastikan relatif berkurang. "Tentunya hal itu akan memberikan rasa tenang pada anak dan berdampak pada proses penyembuhan yang lebih cepat," tambahnya.

Program khitanan massal ini terdiri dari tiga paket yang dapat dipilih oleh peserta. Paket pertama diperuntukkan bagi PNS dan pegawai honorer ITS yang dinamakan paket khusus dan tidak dikenai biaya. Paket kedua dan ketiga masing-masing dikenai biaya Rp 100 ribu dan Rp 250 ribu. "Untuk paket kedua dan ketiga ini kami namakan paket umum dan paket donatur," tambah Widodo. Baik peserta paket pertama, kedua maupun ketiga, selain mendapat paket obat-obatan, mereka juga akan mendapat bonus berupa baju, sarung, kopiah dan juga snack.

Dikatakan Widodo, meskipun masih dalam lingkup ITS, pendaftar khitanan massal hingga saat ini telah mencapai 30 orang. "Pendaftarnya pun masih dalam lingkup keluarga civitas akademika ITS, karena publikasi kegiatan ini memang baru di seputar lingkungan ITS dan perumdos saja," tutur Widodo. Namun, menurutnya, tidak menutup kemungkinan jika ada anggota masyarakat luar yang ingin mengikuti kegiatan ini. Bagi masyarakat Gebang atau Keputih misalnya, bisa juga mendaftar pada sekretariat panitia jika memang mengetahui hal ini, lanjutnya.

Pelaksanaan khitanan massal ceria akan ditempatkan di Plasa DR. Angka ITS pukul 8 pagi dengan bantuan tim medis dari Poliklinik ITS. Sementara itu, panitia masih membuka pendaftaran peserta khitanan hingga tanggal 17 September 2004. "Bagi yang ingin mengikuti kegiatan ini silahkan saja mendaftar ke sekretariat FTK di Gedung rektorat lantai 3 ITS dan dapat memilih salah satu dari tiga paket yang kami tawarkan," kata Widodo.(sep/ryo)

Berita Terkait