ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Lampu mati, semangat 5-5

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Latihan ketrampilan manajemen mahasiswa (LKMM-TD) milik Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika kali ini cukup sial. Listrik "mogok" mengalir selama 2 jam lebih. Namun peserta ternyata tetap bersemangat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan tanggal 14-17 Mei ini.

Apa jadinya jika sebuah pelatihan di malam hari terkena "virus" lampu mati. Penerangan tak ada, OHP tak mau dijak kompromi dan panitia pun dibuat repot. Sudah dapat ditebak, peserta akan mengambil kesempatan untuk bersantai-ria lengkap dengan tidurnya.

Namun tidak kali ini, di LKMM-TD milik Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) ternyata lain ceritanya. Sekitar jam 8 malam, mendadak listrik tak mau mengalir. Duapuluh peserta yang hadir ternyata tetap antusias mengikuti acara yang disusun panitia.

Saat itu, peserta yang tergabung dalam kelomopok "himpunan" sedang mempresentasikan proposalnya. Selang beberapa menit, listrik padam. Para peserta pun terdiam dan berusaha untuk tidak panik. Lain peserta lain pula panitianya, mereka terlihat sibuk menyiapkan emergency lamp dan mencari lilin. Jadilah pelatihan itu diterangi cahaya seadanya.

Tanpa AC, ruangan tertutup itu menjadi semakin panas. Dua panitia kemudian membuka jendela ruangan. "Ya! Ini namanya AB, angin brobos (masuk)", kelakar Samei, salah satu panitia.

Walau dengan kondisi seperti itu, presentasi haruslah tetap dilanjutkan. Untuk membaca transparan yang dibuat, awalnya, digunakan lampu HP salah seorang peserta. Cahaya kecil itu ternyata cukup berguna juga. Sesi tanya jawab yang diadakan sesudahnya pun terlihat tak terganggu dengan "kekurangan" tersebut. Sejumlah pertanyaan terus saja mengalir dan semakin menambah ramai suasana yang ada.

"Semangat?", tanya Rury, pemandu yang bertugas saat itu, dengan nada tinggi. Dalam keremangan, peserta dengan serempak menjawab, "5-5". Yang dimaksud 5-5 ternyata adalah kondisi fisik-mental peserta dalam range 1-5. 1 untuk paling lemah dan 5 untuk paling kuat.

"Sesi" lampu mati itu pun terhenti setelah dua jam. Lampu, AC dan OHP akhirnya menyala. Acara yang bertujuan melatih peserta dalam merencanakan kegiatan ini ditutup pada hari Senin (17/05), jam 06.30 wib. (ftr)

Berita Terkait