ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Tambah Tes TOEFL dan Kepribadian

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah melewati perjalanan panjang, akhirnya 10 peserta terpilih untuk mewakili fakultas dalam seleksi mawapres tingkat institut. Masing–masing fakultas berhak mengirim dua mahasiswa terbaiknya. Seleksi mawapres tingkat Institut yang diadakan di beberapa ruang di perpustakaan pusat lantai 2 ini dibuka langsung oleh Pembantu Rektor III, Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng pada Rabu (28/4) jam 8 pagi.

Ketua panitia seleksi mawapres tingkat Institut Drs. H. Nur Iriawan, Mkom, PhD, mengatakan ada beberapa perbedaan antara seleksi mawapres tahun lalu dengan yang sekarang. Yaitu adanya tes TOEFL untuk penilaian kemampuan berbahasa Inggris dan tes kepribadian. "Tes TOEFL itu hanya bisa mengukur kemampuan berbahasa mereka secara pasif. Untuk itu pada seleksi kali ini mereka akan di tes berbahasa Inggris secara lisan untuk mengetahui kemampuan mereka secara aktif," papar Iriawan.

"Sebenarnya ada 5 kriteria penilaian untuk memilih satu mahasiswa berprestasi yang nantinya akan mewakili ITS dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Lima kriteria tersebut meliputi IPK, kemampuan berbahasa Inggris, keaktifan dalam kegiatan intra ekstra kampus, karya tulis ilmiah dan kepribadian," kata Iriawan.

Dosen jurusan Statistika sekaligus PD III FMIPA ini menyampaikan, nilai untuk empat kriteria sudah diterima oleh panitia dan sedang diolah. Sementara itu nilai yang belum masuk adalah karya tulis ilmiah. "Untuk itu pada seleksi tingkat Institut kali ini mahasiswa hanya akan mempresentasikan hasil tulisan mereka. Untuk bisa memberikan penilaian atas tulisannya, tim juri dan panitia juga perlu untuk melihat langsung bagaimana peserta mawapres ini berpresentasi," ujar Iriawan.

Sementara itu, sekretaris panitia, Aguk Zuhdi, menjelaskan bahwa untuk penilaian karya tulis panitia memberikan waktu 30 menit bagi masing-masing peserta untuk presentasi sekaligus tanya jawab. Dengan alokasi waktu tersebut diharapkan seleksi mawapres dapat diselesaikan dalam satu hari.

"Panitia telah mengalokasikan waktu untuk presentasi dan tanya jawab ini dengan berbagai pertimbangan dan diharapkan semuanya bisa selesai hari ini juga," terang Aguk.

Namun demikian, Aguk menyampaikan bahwa pemenang mawapres tingkat institut kali ini tidak dapat diumumkan saat itu juga karena mengingat seleksi mawapres tingkat Insititut adalah rangkaian dari kegiatan PIMITS VII, sehingga kemungkinan terbesar panitia akan mengumumkan pada akhir acara PIMITS VII atau mungkin akan disampaikan langsung kepada yang bersangkutan.(sept/Lin)

Berita Terkait