ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Tambah wawasan dengan studi ekskusi ke proyek

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pada kuliah tamu yang diadakan DIII Teknik sipil (DIII Teksi) bulan kemarin (23/3), pembicara asing yang didatangkan menyebutkan bahwa mahasiswa teknik sipil perlu dilibatkan atau diperkenalkan pada suatu proyek agar tidak canggung lagi saat terjun ke dunia kerja. berkaitan dengan pernyataan tersebut, maka kemarin (22/4) mahasiswa DIII Teksi melakukan studi ekskusi ke proyek pembangunan pabrik peleburan yang ditangani PT Indonakano di pasuruan.

Kunjungan yang melibatkan 40 mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa DIII Teksi. Hal tersebut seperti yang diungkapkan kepala rombongan bapak Ir. Sungkono, CES. "Kunjungan atau studi ekskusi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang industri konstruksi, khususnya pelaksanaannya. Dan juga diharapkan akan dapat menambah wawasan dan meningkatkan profesionalisme mahasiswa," ujar beliau.

Setelah tiba di lokasi proyek, mahasiswa langsung digiring berjalan mengitari areal proyek dan didampingi oleh site engineer PT indonakano. Pada kesempatan ini mahasiswa secara langsung ditunjukkan bagaimana proses pengerjaan konstruksi di lapangan.

Selain melihat langsung proses pengerjaan konstruksi proyek yang dikerjakan PT Indonakano, mahasiswa juga disuguhi presentasi dari masing –masing staf PT Indonakano. Presentasi dari masing-masing staf itu menjelaskan tentang proses pelaksanaan tiap bidang yang mereka kerjakan.

Disamping menjelaskan tentang deskripsi pekerjaan mereka, para staf tersebut juga memberikan masukan kepada mahasiswa yang berupa tips. Mereka menekankan kepada mahasiswa agar tetap belajar dengan tekun dan selalu membuka wawasan mereka lebar-lebar karena banyak pengetahuan yang tidak didapat di bangku kuliah.

"Lulusan dengan nilai plus atau nilai yang sangat baik belum tentu dapat bekerja di lapangan dengan baik," ujar salah seorang staf. Kemudian dia juga memberikan tips agar sukses bekerja dibidang konstruksi.

"hendaknya mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dari bangku kuliah saja tetapi juga dari luar seperti kunjungan ini, karena dengan kunjungan ini akan membuka mata mahasiswa tentang prospek kerjanya. Buka mata dan telinga anda terhadap pengetahuan baru," kata staf itu meyakinkan.

Banyak hal yang didapat mahasiswa DIII teksi saat kunjungan itu. Hal penting yang didapat mahasiswa dari studi ekskusi ini adalah mereka dapat menggali langsung pengetahuan dari tiap bidang pekerjaan yang dibawakan masing masing staf, jadi mereka mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam bidang pekerjaan tersebut. Hal tersebut sangat terlihat pada sesi tanya jawab, mahasiswa sangat antusias mengajukan pertanyaan pada setiap staf. (asa/rom)

Berita Terkait