ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

UK Pramuka Adakan Donor Darah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan UK Pramuka ternyata bukan hanya kemah saja. Disela-sela liburan mahasiswa ini UK Pramuka mengadakan kegiatan donor darah di KPA dr Angka pada Rabu, 9 Juni ini. Seperti kegiatan donor darah lainnya UK Pramuka juga menjalin kerjasama dengan PMI. Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan rutin UK Pramuka ITS.

Sejak donor darah dimulai pukul 09.00, sudah banyak pendonor yang berdatangan. Baru lima menit sudah ada sekitar tujuh orang yang mendonorkan darahnya. Para pendonor ini sebagian besar mahasiswa namun ada juga karyawan ITS yang ikut menyumbang darah. Pendonor pun juga ada yang baru pertama kali ini menyumbangkan darahnya. "Bagi mereka yang baru pertama kali menyumbangkan darah bisa langsung meminta kartu pendonor secara cuma-cuma dari PMI," jelas Iin, salah satu petugas dari UK Pramuka. "Namun, kartu ini baru jadi setelah 3 bulan," jelas Iin.

UK Pramuka sendiri tidak mentargetkan jumlah peserta dalam donor darah ini. "Biasanya PMI menyediakan sekitar 100 kantong darah," jelas Iin. Karena banyaknya peserta, donor darah yang semestinya baru berakhir pukul 13.00 sudah harus selesai sejam sebelumnya. Konsumsi untuk pendonor bisa dibilang sangat lengkap, setiap pendonor mendapatkan biskuit, multivitamin dan minuman.

Uniknya, ternyata petugas dari UK Pramuka ini tidak semuanya mahasiswa ITS. Ini karena anggota UK Pramuka sendiri bukan hanya mahasiswa ITS. Iin misalnya adalah warga Keputih yang juga ikut menjadi anggota UK Pramuka ITS yang memiliki gugus depan 610 dan 611 ini. Namun tetap saja kebanyakan anggota dari UK Pramuka ini adalah mahasiswa ITS sendiri. (Arif/Lin)

Berita Terkait