ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 Mei 2005, 11:05

Pendonor Tak Boleh Sakit Flu

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Cukup banyak bakti sosial yang dilakukan organisasi di lingkungan ITS. Salah satunya oleh Departemen Hubungan Luar dan Pengabdian Masyarakat (Deplu) BEM FTI. Baksos yang digelar mulai Kamis (12/5), terhitung kali ketiga yang dilakukan BEM lingkup Fakultas Teknologi Industri ITS ini. Memang kegiatan ini merupakan program kerja tahunan. Dalam setahun periode kepengurusan dua kali digelar donor darah. Sementara realisasi kegiatan baksos ada dua berupa pengobatan gratis dan donor darah.

Menggandeng PMI cabang Surabaya, donor darah dilaksanakan Kamis (12/5) di Plaza Dr Angka. Namun, acara hanya berlangsung selama 4 jam saja mulai pukul 8 pagi. Ferawati, ketua panitia baksos, mengatakan alasannya. “Biar darah nggak cepat beku,” tegasnya memberitahu. Hasilnya, sekitar 30 pendonor menyumbangkan darahnya. Sebenarnya banyak mahasiswa ITS yang ingin ikut berpartisipasi. Tetapi batal karena syaratnya tidak memenuhi. “Sakit flu pun nggak boleh mendonor,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Kimia angkatan 2002 ini. Untuk itu telah disediakan seorang dokter yang memeriksa.

Sementara itu, kegiatan satunya yaitu pengobatan gratis rencananya diadakan Minggu (15/5) besok di kelurahan Keputih, Sukolilo. “Kami sudah menyebarkan 150 tiket di sana,” kata Fera. Wilayahnya mencakup 4 RW menengah ke bawah di Keputih. Kali ini BEM FTI mengajak Kedokteran Unair turut serta membantu. Yang ditawarkan hanya pengobatan ringan. Pihaknya telah menyerahkan kepada pengurus desa untuk mendata siapa saja yang membutuhkan. (th@/tov)

Berita Terkait