ITS News

Minggu, 29 September 2024
25 Juli 2005, 11:07

BEM Gelar Training SC untuk Pengkaderan Massal

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Training bertema “Mewacanakan Konsep OMB 2005/2006 yang Komprehensif dan Efektif” berlangsung selama dua hari, Sabtu (23/7) dan Minggu (24/7) kemarin. Departemen PSDM BEM ITS menggandeng Lembaga Managemen Terapan (LMT) TRUSTCO sebagai pengisi kegiatan.

Puluhan peserta yang merupakan perwakilan berbagai jurusan di ITS hadir mengikuti pelatihan yang digelar di ruang seminar Perpustakaan Pusat ITS ini. “Kami mengundang maksimal dua orang delegasi tiap jurusan, “ungkap Dwi Retno, ketua panitia training. Para peserta itu nantinya akan dijadikan SC pengkaderan massal. Rencananya pengkaderan tingkat institut yang termasuk dalam agenda Orientasi Mahasiswa baru ini akan dilaksanakan pada 26-28 Agustus 2005.

Menurut Retno, training ini diadakan agar Stering Comitee (SC) yang bertugas membuat konsep mempunyai gambaran tentang pengkaderan yang efektif. “Agar mereka punya wacana baru sehingga bisa mengonsep pengkaderan massal yang ideal dan cocok,” ungkap mahasiswi Teknik Fisika angkatan 2004.

Hal senada juga dilontarkan Penanggung Jawab training, Yudha Wastu. Ia menegaskan kegiatan ini hanya sebagai bekal sehingga SC punya referensi yang bagus untuk bahan konsep pengkaderan yang akan dibuat nantinya. “Kekerasan cocoknya terapkan dimana dan tahu dampaknya seperti ini, sehingga nggak ugal-ugalan,” komentar Yudha. Sedangkan konsep pengkaderan, apakah terpusat atau cukup di tiap-tiap jurusan, diserahkan pada kebijaksanaan SC nantinya. “Terserah, kami hanya memberikan gambaran,”ujar mahasiswa yang juga staff PSDM BEM ini.

Sedangkan dari sisi peserta sendiri, terdapat beragam pendapat. “Pelatihan ini bagus, bisa mengubah cara pandang kita terhadap pengkaderan,” ungkap Wirindratari. Pendapat ini muncul karena di training OMB ditekankan pengkaderan yang efektif tidak harus melalui kekerasan. “Boleh ada refreshing yang menyiratkan pesan misalkan lewat outbond,” imbuh yang lain.

Mardi, koordinator SC mengatakan training ini berguna dan menyenangkan. “Namun, kami belum menjamin akan memakainya,”ujar mahasiswa yang pernah menjadi kadidat calon BEM lalu. Untuk itu, pihaknya akan mengadakan rapat presidium dengan PR III hari ini, Senin (25/7) untuk mengoordinasikan konsep pengkaderan ke depan. “Dari sini dapat gambaran, ada juga juklak materi BEM, tapi disesuaikan dengan raw material maba 2005,” komentar Mardi. (th@/rin)

Berita Terkait