ITS News

Minggu, 29 September 2024
02 Agustus 2005, 12:08

Mahasiswa Baru Dikenalkan Dengan Hardware dan Pemrograman

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Materi komputer dalam matrikulasi ini sendiri diberikan di Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika, Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer, serta Laboratorium Pemrograman Sistem Informasi, ketiganya berada di Fakultas Teknologi Informasi. Para pengajar matrikulasi inipun juga dosen dari Fakultas Teknologi Informasi.

Bagi para mahasiwa baru yang diterima lewat jalur PMDK Kemitraan, matrikulasi berlangsung 4 Juli hingga 4 Agustus. Pada matrikulasi ini, mahasiswa baru ini akan diberi pengenalan tentang perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pemrograman.

Sebelumnya pada saat penyambutan oleh Rektor ITS, Selasa, 28/6 lalu, para mahasiswa dari jalur PMDK Kemtiraan mengikuti test untuk menentukan apakah mereka perlu mengikuti program matrikulasi ini atau tidak.

Mahasiswa baru ITS juga akan diberikan materi pemrograman. Mengenai hal ini, Faisal Johan menyebutnya hanya sebagai pengenalan saja. "Untuk menguasai pemrograman tidak cukup dengan matrikulasi ini" jelas Faisal Johan, salah satu dosen Teknik Informatika yang menjadi pengajar matrikulasi ini.

Pengenalan pemrograman ini sendiri diberikan dengan menggunakan bahasa C. "Perbedaan antara bahasa pemrograman ini terutama ada pada syntax fungsinya. Selain itu, juga pada fasilitas-fasilitas yang ada. Namun tujuan utama belajar pemrograman bukan untuk mengahapal syntax fungsinya, tetapi untuk mengerti bagaimana logika pemrogramannya" jelas pria bertubuh subur ini ketika ada peserta menanyakan mengapa memilih bahasa C dan apa perbedaan C dengan bahasa pemrograman lain seperti Pascal. Lebih lanjut ia menyebut bahasa C dipilih karena kompilernya (software untuk menterjemahkan kode program), yaitu Turbo C, termasuk yang paling ringan.

Selain pengenalan hardware dan pemrograman, juga diberikan materi tentang internet. Para mahasiswa baru ini diberikan penjelasan tentang sejarah perkembangan internet dan aplikasi internet yang paling populer dilakukan seperti email dan search engine (mesin pencari). Misalnya , tips mencari cepat dengan Google, salah satu search engine paling populer di Internet.

Materi tentang sistem operasi dan software perkantoran juga diberikan. Sistem operasi dan software perkantoran yang diajarkan adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu Microsoft Windows dan seri Microsoft Office. Software perkantoran ini memang akan sangat banyak digunakan oleh para mahasiswa nantinya, misalnya dalam menyusun makalah atau laporan praktikum.

Sementara itu, kegiatan matrikulasi untuk mahasiswa yang masuk lewat jalur PMDK Reguler dilaksanakan tanggal 11 Juli sampai 9 Agustus ini. Sedangkan materi yang diberikan dan tempat serta pengajarnya sama dengan matrikulasi untuk mahasiswa baru dari jalur PMDK Kemitraan. (rif/rin)

Berita Terkait