ITS News

Minggu, 29 September 2024
06 Agustus 2005, 13:08

Pengumuman SPMB Ramai Hingga Dini Hari

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Para calon mahasiswa dan kerabat mereka terlihat memadati papan pengumuman hasil SPMB ini mulai dari saat hasil tesebut dipasang. Meskipun larut malam, semangat para calon mahasiswa tersebut tetap besar. Hingga sekitar pukul 01.00 dini hari, belasan calon mahasiswa ini masih mencari namanya atau nama temannya di daftar peserta yang terpampang di depan gedung Rektorat ITS.

Selain para calon mahasiswa yang melihat langsung hasil SPMB, terdapat beberapa mahasiswa ITS sendiri yang mengecek apakah kerabat atau teman mereka diterima.”Saya mengecek teman saya yang asal Jombang diterima,” jelas Rahmat, salah satu mahasiswa ITS yang ditemui.

Bermacam ekspresi ditampilkan oleh mereka yang melihat pengumuman ini, dan tidak semuanya tampak bahagia. Seorang ibu dengan agak sedih menyatakan bahwa anaknya diterima di PTN, namun hanya pada pilihan kedua. “Pilihan pertama anak saya di Teknik Elektro ITS, namun hanya diterima di pilihan kedua di Teknik Elektro Unhas” jelas ibu berjilbab ini.

Selain lewat papan pengumuman di perguruan-pergururan tinggi dan koran SPMB yang dibagikan secara gratis, hasil SPMB juga bisa diakses lewat internet, salah satunya lewat situs resmi ITS, www.its.ac.id.

Di situs ini bisa dilihat daftar peserta yang diterima di 4 perguruan tinggi negeri di Jawa Timur yaitu Unair, Unijoyo, Unesa dan ITS sendiri. Meski hanya menampilkan hasil dari 4 perguruan tinggi tersebut, namun traffic ke situs ITS ini sangat tinggi. “Dalam satu detiknya request dari user mencapai 1 Megabyte,” jelas Galih Satriaji, salah satu Administrator ITSnet. Bila satu user mengakses halaman yang ukurannya 10 Kb maka dalam satu detik bisa diperkirakan ada 100 user yang mengakses situs ini. Untuk mengantisipasi banyaknya pengguna, ITS menyiagakan 2 server. “Pada hari biasa hanya satu server, khusus saat ini dua server,” jelas Galih.

Selain memuat daftar peserta yang diterima SPMB, penguman ini juga menampilkan persyaratan dan jadwal daftar ulang untuk universitas yang ada di wilayah rayon C SPMB. Untuk ITS sendiri pendaftaran ulang untuk mahasiswa baru akan berlangsung pada 8 hingga 14 Agustus ini.(rif/rin)

Berita Terkait