ITS News

Minggu, 29 September 2024
05 Oktober 2005, 11:10

Rangkaian Ramadan di Kampus 1426 H Dibuka Rektor ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seusai shalat Isya berjamaah di Masjid Manarul Ilmi ITS, hari pertama Ramadan Selasa kemarin (4/10), pihak JMMI ITS melakukan sosialisasi sekaligus pembukaan simbolis rangkaian Ramadan di Kampus (RDK) 1426 H. Dalam acara ini, hadir sekaligus memberikan sambutan, Rektor ITS Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA dan ketua Tim Pembina Kerohanian Islam ITS Dr Triwikantoro MSi.

Dalam sambutannya yang cukup singkat, Rektor ITS sempat mengingatkan para jamaah untuk memperkuat niat dan banyak mengisi bulan mengisi bulan Ramadan ini dengan beristighfar. Harapan untuk mengisi Ramadan dengan dengan sebaik-baiknya juga disampaikan ketua TPK Islam ITS Dr Triwikantoro MSi.

“Dalam rangkaian RDK ini , Insya Alah akan ada 22 kegiatan selama bulan suci Ramadan,” tutur Sriyanto, ketua panitia RDK 26. Rangkaian acara ini beragam, mulai dari buka bersama, silaturahmi dengan anak asuh kajian tafsir Al-Quran, bedah buku, pemutaran film Islami, shalat tarawih berjamaah, iktikaf bersama hingga penyelenggaraan shalat Idul Fitri. Sebagai bagian dari RDK ini, JMMI juga sempat melakukan aksi simpatik pembagian bunga dan pesan Ramadan pada Senin lalu (3/10) di beberapa titik di kampus ITS.

Kegiatan lain yang cukup unik direncakan oleh panitia RDK adalah Jilbab and Koko Days. "Di sini kami akan mensosisalisasikan pemakaian baju koko bagi muslim dan jilbab bagi muslimah di seluruh civitas akademika ITS," ungkap Sriyanto.

Acara yang dari tahun ke tahun banyak diikuti para mahasiswa adalah buka bersama dan shalat tarawih berjamaah. “Untuk hari Senin sampai Jumat kami akan menyediakan 600 porsi sedang untuk hari Sabtu dan Ahad kami menyediakan 400 porsi,” ungkap Sriyanto. Sementara itu untuk shalat tarawih bersama, pihak panitia RDK akan mengundang dosen ITS dan bebrapa ulama dari Surabaya sebagai pembicara, dengan tema yang berbeda tiap sepuluh hari di bulan Ramadhan.(rif/rin)

Berita Terkait