ITS News

Minggu, 29 September 2024
07 November 2005, 10:11

ITS Award untuk Instansi Pelayanan Publik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pemberiannya itu sendiri, kata Rektor ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, Senin (7/11) siang, baru akan dilakukan pada Desember 2005, menjelang penutupan serangkaian acara Lustrum ITS. “Penghargaan ini akan diberikan kepada instansi yang ada di Surabaya. Dimaksudkan untuk menunjukkan kinerja mereka yang dilihat masyarakat. Kemudian untuk memberikan masukan terhadap kinerja mereka baik yang sudah bagus maupun yang masih dinilai buruk,” kata Nuh.

Sementara Dra Agnes Tuti Rumiati MSc, Ketua Unit Pengajian Pengembangan Potensi Daerah (UP3D) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITS, sebagai ketua pelaksana pemberian ITS Award yang dihubungi secara terpisah mengatakan, ada dua kategori instansi yang disurvei dan dinilai. Pertama instansi yang memang selalu berhubungan langsung dengan masyarakat (pelayanan). Kedua, instansi yang tidak berhubungan langsung, tapi menghasilkan manfaat yang bisa dinikmati oleh masyarakat. “Terhadap instansi kategori pertama, kami menanyakan langsung kepada masyarakat, sedang untuk instansi kategori kedua, kami menyebar kuesioner ke seluruh kecamatan di Surabaya,” katanya.

Apa yang dinilai? Sedikitnya ada empat kriteria, kata Tuti, menyangkut, akuntabilitas, transparansi dan baik-buruknya tingkat pelayanan serta respon yang diberikan terhadap keluhan dari masyarakat. “Kami melakukannya sejak Agustus lalu dan kini tinggal pada tahap pengumpulan penilaian dan analisis data. Hasil penilaian dari masyarakat itu nantinya akan diserahkan sebagai bagian dari upaya instansi yang bersangkutan untuk memperbaiki kinerjanya,” katanya.

Hasil itu juga berupa beberapa rekomendasi bagi instansi di dalam melakukan perubahan atau perbaikan yang memang diingini oleh masyarakat. “Kami berharap pemberian Award ini akan dapat memacu instansi lainnya untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, dan jika akan melakukan perbaikan-perbaikan bisa mengacu dari hasil survei dalam bentuk rekomendasi yang dijaring oleh ITS lewat masyarakat,” katanya.

Mohammad Nuh menambahkan, apa yang dilakukan ITS dalam pemberian ITS Award tidak lain bagian dari kepedulian ITS terhadap masyarakat dan keinginan ITS untuk memberikan pencerahan atau enlightenment bagi masyarakat. (Humas/bch)

Berita Terkait