ITS News

Minggu, 29 September 2024
21 November 2005, 09:11

Despro Akan Tingkatkan Kualitas Lulusannya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Kaprodi Desain Produk, Ir Baroto Tavip Indrojarwo Msi, saat ditemui di ruang kerjanya, untuk memenangkan Management Award, sebuah prodi atau jurusan harus memenuhi delapan kualifikasi yang telah ditetapkan. Beberapa diantaranya adalah tenaga pengajar yang mempublikasikan karya ilmiahnya secara internasional, banyaknya mahasiswa yang meraih banyak prestasi, dan pengabdian kepada masyarakat luas.

Dalam kategori tenaga pengajar yang sudah mempublikasikan karyanya kepada kancah internasional, Despro mengajukan dua calon, yaitu Agus Windarto dengan karya tulisnya berjudul Desain Part Dalam Otomotif, dan karya dari Baroto Tavip Indrojarwo, Masa Depan Desain di Indonesia. Sedangkan untuk kualifikasi pengabdian kepada masyarakat luas, Despro mengajukan beberapa nama. Diantaranya, Kresno dengan karyanya yang mengambil bahan uji aero modeling, dan Elia dengan risetnya berupa kerajinan dari batu onix.

Diakui oleh lulusan Boston University ini bahwa peran mahasiswa sangat besar dalam meraih Management Award, terutama dalam mengharumkan nama Despro lewat berbagai pameran dan perlombaan. Mahasiswa juga turut memberikan pemberitaan positif mengenai Despro di berbagai media massa. Untuk itu kedepannya, Despro akan meningkatkan layanan dan motivasi kepada mahasiswanya dengan membuka jejaring dengan desainer professional baik dalam maupun luar negeri, yang akan disajikan dalam bentuk kuliah tamu dan pengadaan pameran bersama. Baroto menambahkan, “Kami juga akan melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek dan riset yang dilakukan oleh para dosen”. Baroto memberi contoh proyek kerjasama yang dilakukan Despro dengan home industri di Tanggulangin.

Ditanya mengenai usaha Despro untuk mempertahankan gelarnya tahun depan, membuat Baroto terdiam sejenak. Baginya, Management Award bukanlah tujuan akhir, itu hanya usaha ITS untuk memotivasi jurusan-jurusan di dalamnya. Baginya, yang terpenting untuk dijadikan acuan adalah bagaimana sebuah jurusan dapat selalu meningkatkan profesionalismenya dengan bentuk membaktikan ilmunya bagi masyarakat. Selain itu, Baroto juga menerangkan, bahwa untuk Management Award tahun depan akan ada kenaikan kualifikasi sehingga lebih berat dari tahun sebelumnya. Tapi akhirnya dengan optimis beliau menjawab,”Kami akan berusaha mempertahankannya dengan cara meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan oleh Despro”. (m2/rin)

Berita Terkait