ITS News

Minggu, 29 September 2024
10 Desember 2005, 13:12

Festival Shalawat Al Banjari Sepi Pengunjung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Festival Shalawat Al Banjari dalam rangka memeriahkan Lustrum ke 9 ITS, diadakan di Masjid Manarul Ilmi ITS, Jumat malam (9/12). Dalam sambutannya, Pembantu Rektor III ITS, Prof Dr Ir Ahmad Jazidie MEng menuturkan,”Shalawat nabi adalah budaya Islam yang tak boleh luntur dari zaman ke zaman. ITS sebagai tempat intelektual muda tentunya juga berkewajiban untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur religius.”

Dikatakan Jazidie, walaupun ITS adalah kampus teknologi, ITS sangat peduli dengan kondisi ruhaniyah umat Muslim.“Elek-elek ngene ITS yo sik ngurus shalawatan rek”, ungkapnya dalam bahasa ala Surabaya.

Namun rupanya antusiasme warga ITS untuk menyaksikan festival tersebut kurang. Ruang serambi utara Masjid Manarul Ilmi, tempat festival berlangsung hanya dipenuhi oleh tim-tim yang akan bertanding dan para pendukung yang berasal dari daerah masing-masing.

Dalam festival ini, ada 12 grup yang tampil. Mereka berasal dari kota-kota se-Gerbang Kertasusila. Walaupun tampil malam hari, sejak siang mereka telah datang di ITS untuk mempersiapkan diri bertanding. Menanggapi tentang sepinya penonton yang hadir, Amir, salah satu peserta dari kabupaten Sidoarjo berkomentar,”Kami tidak terpengaruh dengan jumlah peserta yang hadir. Yang penting bagi kami adalah bagaimana bisa tampil semaksimal mungkin dalam festival ini.”

Walaupun tidak banyak pengunjung dari ITS, ternyata acara ini sangat meriah. Tabuhan rebana tim yang tampil ternyata bisa mengubah suasana menjadi meriah. Tim-tim lain yang menyaksikan seringkali menyahuti shalawat yang sedang ditampilkan. Tak jarang juga tim-tim yang mengalami kesalahan dalam menabuh rebana menjadi bahan tertawaan penonton. Dalam festival kali ini, keluar juara pertama dari kabupaten Lamongan, disusul kemudian juara kedua dari Pasuruan dan juara ketiga dari Jombang. (m1/rin)

Berita Terkait