ITS News

Senin, 30 September 2024
12 Desember 2005, 15:12

Tutup Lustrum dengan Tablig Akbar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rangkaian acara Dies Natalis ke-45 atau Lustrum ke-9 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kemarin ditutup dengan perhelatan tablig akbar. Acara ini dipusatkan di Masjid Manarul Ilmi ITS.

Selain warga ITS, tablig juga dihadiri beberapa pejabat. Di antaranya Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi dan Pangdam V Brawijaya Syamsul Mapparepa. Tampak hadir juga beberapa pimpinan kampus yang ada di kota ini. Mereka berbaur dengan sekitar 10 ribu jamaah yang memenuhi Masjid.

Tablig akbar ini dipimpin KH Asrori, pemimpin Pondok Pesantren Al- Khidmah Surabaya. Para jamaah yang sebagian mengenakan pakaian putih-putih itu terlihat khusyuk mengikuti rangkaian acara. Tidak sedikit di antara mereka yang tak mampu menahan air mata ketika kalimat-kalimat suci dikumandangkan.

Rektor ITS Muhammad Nuh mengatakan, acara ini merupakan agenda rutin yang selalu digelar di ITS. "Sebuah institusi pendidikan tidak boleh lepas dari kegiatan keagamaan seperti ini," ujar Nuh.

Senada, Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi mengatakan bahwa acara semacam ini merupakan bentuk penyelarasan pembangunan mental, pengetahuan, dan teknologi. "Agama dan Ilmu pengetahuan tidak pernah bertentangan. Makanya, keduanya harus selaras. Kegiatan ini sebagai buktinya," Ujar Arif dalam sambutannya.

Sementara itu guru besar IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Ali Azis yang juga turut hadir dalam tabligh akbar ini mengatakan, orang yang tidak berdzikir ibarat orang mati. "ITS akan menjadi besar karena kegiatan duniawi dalam ilmu pegetahuan dan teknologinya telah terbukti. Sementara itu kegiatan ahirat juga tetap berjalan," tandasnya. (ris)

Berita Terkait