ITS News

Minggu, 29 September 2024
23 Desember 2005, 18:12

Siklus Ajak Siswa SD Peduli Lingkungan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sore itu (20/12), Sekretariat PLH Siklus yang terletak di dekat Kantin Pusat ITS dipenuhi puluhan siswa SD. Dengan memakai kaos putih dan slayer biru yang diikat rapi di leher, mereka terlihat asyik bersenda gurau dengan teman-temannya. Sejenak kemudian, seorang mahasiswi meminta mereka berbaris dan berpasangan. Dasar anak-anak, meminta mereka melakukan sesuatu jelas sebuah kerepotan tersendiri. Dengan sedikit membujuk, akhirnya mahasiswi itu berhasil mengajak mereka segera berbaris dan berjalan menuju ruang Teater B ITS.

PLH Siklus pada akhir pekan ini memang akan mengadakan Fun Learning With Environment. Acara yang dikemas menarik dan santai bagi siswa SD tersebut akan memberi bekal kepada mereka untuk mau peduli dengan lingkungan sekitar. “Materinya antara lain tentang kebersihan air, udara, dan juga penanganan sampah,” tutur Sulis, salah satu panitia.

Karena pesertanya adalah siswa SD, Sulis pun menuturkan bahwa konsep acara ini akan dibuat semenarik mungkin. Siswa SD kelas empat hingga enam tersebut akan lebih banyak diajak belajar sambil bermain di luar ruangan. “Besok (Sabtu, Red), kami akan menyiapkan out bond. Mereka akan dibagi dalam beberapa pos dengan petunjuk sebuah peta. Materi pun akan diberikan disana dalam waktu masing-masing dua jam,” papar Mahasiswa Kimia ini.

Ditanya mengenai alasan memilih siswa SD sebagai peserta, Sulis mengatakan bahwa PLH Siklus ingin memberi bekal kepedulian lingkungan Sejak dini. Dengan begitu, pengalaman yang mereka dapat dengan bermain akan selalu mereka ingat dan tertanam hingga dewasa.

Sebanyak 30 siswa SD tersebut datang dari beberapa SD di kawasan Surabaya Timur, seperti SD Airlangga 4 dan SD Gubeng. Mereka akan menginap di ruang kelas yang telah disediakan. Sejak sore ini pun, mereka terlihat telah membawa tas yang penuh berisi berbagai perlengkapan harian.(ftr/asa)

Berita Terkait