ITS News

Minggu, 29 September 2024
24 Desember 2005, 08:12

Study Banding Politeknik Kota Baru Malaysia ke ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rombongan ini tiba di ITS sekitar pukul satu siang dan kedatangan mereka langsung disambut Pembantu Rektor III, Dr Ir Achmad Jazidie MEng, di gedung rektorat lantai dua. Setelah menerima penjelasan tentang kampus ITS, tamu dari mancanegara ini segera berkeliling kampus ITS. Untuk dosen, mereka mengunjungi kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sedangkan bagi mahasiswanya, mereka berkunjung ke jurusan-jurusan dan fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan yang ada di ITS.

Para mahasiswa yang merupakan anggota dari organisasi Rakan Muda di Politeknik Kota Baru Malaysia (semacam Badan Eksekutif Mahasiswa), mengaku sangat senang bisa datang ke Indonesia khususnya ke ITS. Didampingi BEM ITS, para mahasiswa ini berkeliling kampus. Walaupun komunikasi sedikit terhambat karena perbedaan bahasa, tak membuat para mahasiswa ini patah semangat. Perbedaan itu justru membuat hubungan antar mahasiswa dua negara ini semakin akrab. Tak jarang, gelak tawa mengiringi perbincangan mereka, karena obrolan yang tak nyambung satu sama lain. ”Ini adalah pertama kali kami ke ITS, kami sangat senang bisa kesini," ungkap Chairil dalam logat Melayu.

Sebenarnya untuk bidang ilmu yang ada, antara Politeknik Kota Baru Malaysia dan ITS tak jauh berbeda, sama-sama berada bidang teknik. “Sebenarnya untuk bidang ilmu memang tak jauh berbeda dengan kampus kami, tapi di ITS ini kampusnya sangat besar, dan jurusan yang ada juga sangat banyak. Fasilitas-fasilitas pendukungnyapun juga lengkap," ujar Chairil dalam logat Melayu.

Decak kagum juga banyak terlontar dari peserta sangat mengunjungi perpustakaan ITS. Walaupun hanya sebentar di perpustakaan, mereka mengaku terkesan. “Sangat mengesankan kampus ITS ini, terutama dengan perpustakaannya. Besar sekali, buku dan fasilitasnya-pun juga sangat lengkap,”ujar Fadhil, salah satu peserta yang lain.

Selain mengunjungi perpustakaan, para mahasiswa ini juga ke kampus Fakultas Teknologi Kelautan dan Masjid Manarul Ilmi. Rencananya, rombongan dari Malaysia ini akan berada di Indonesia selama empat hari. (jie/rin)

Berita Terkait