ITS News

Minggu, 29 September 2024
03 Januari 2006, 21:01

Banjir Lumpur Jember, ITS Kirim Tim Teknis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, Selasa siang (3/12), mengungkapkan, sedikitnya ada tujuh dosen senior yang dikirim ke lokasi bencana alam itu. Tim teknis ini terdiri terdiri dari ahli tanah atau geologi, hidrologi, dan lingkungan. ”Kami berharap sekembalinya mereka dari lokasi akan diketahui secara pasti apa penyebab pasti banjir bandang yang disertai lumpur di Jember,” katanya.

Ditambahkan rektor, ITS siap membantu Pemkab Jember didalam menangani dan melakukan rehabilitasi pasca bencana. Menurut Nuh, Sedikitnya ada dua hal yang dapat diberikan ITS. Pertama, terkait dengan pemikiran penataan lahan dan kawasan di lokasi bencana, termasuk pengelolaan hutan lindung. ”Kami siap memberikan pemikiran tentang bagaimana menata kembali kawasan yang terkena bencana. Pengalaman kami di Aceh bisa dijadikan sebagai bekal untuk menyusun kembali didalam merehabilitasi kawasan pasca bencana,” katanya.

Bantuan kedua yang bisa diberikan ITS, sambung rektor, dalam bentuk rehabilitasi beberapa fasilitas yang rusak akibat diterjang banjir, seperti fasilitas pendidikan, rumah ibadah dan lainnya. ”ITS siap mengkoordinasikan bantuan untuk rehabilitasi fasilitas-fasilitas itu,” ujarnya.

Selain itu, jika memang dibutuhkan ITS juga akan menyiapkan tenaga sukarelawan mahasiswa dari berbagai jurusan untuk melakukan bakti sosial atau kerja praktek di sana. ”Kami harap sekembalinya tim dari lokasi besok (4/1), ITS sudah bisa menentukan bentuk bantuan apa yang paling mendesak untuk diwujudkan,” kata Nuh. (humas/asa)

Berita Terkait