ITS News

Senin, 30 September 2024
07 Februari 2006, 10:02

Siapkan 20-30 Persen Kursi untuk PMDK

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyiapkan 20-30 persen kursinya untuk mahasiswa program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Total mahasiswa baru yang akan diterima pada tahun akademik 2006-2007 sebanyak 3.500 orang.

Pendaftaran sudah dibuka sejak 1 Februari lalu dan akan ditutup 28 April. Sedangkan pengumumannya akan dilakukan 31 Mei 2006, mendatang.

Saat ini, formulir PMDK telah disebarkan ke SMA-SMA dan mitra ITS. "Tahun lalu jumlah pendaftar yang terjaring melalui program PMDK lebih dari 2.500 orang, sedangkan yang diterima hanya 900 mahasiswa," jelas Prof Noor Endah M.Sc, Ph.D. "Kami berharap tahun ini jumlah peminatnya terus bertambah, karena formulir yang disiapkan bisa di-download melalui website," ujarnya.

Program PMDK yang diselenggarakan adalah program pendidikan sarjana (S-1). Ada empat jalur yang ditawarkan, yaitu PMDK Kemitraan (K), PMDK Berprestasi (P), dan PMDK Berbeasiswa dan PMDK Reguler (R).

PMDK kemitraan diperuntukkan bagi putra/putri daerah pemkab/pemprov dari luar Jawa (kecuali Madura). Selain itu juga bagi instansi yang telah menjalin kerja sama atau kemitraan. Khusus program ini, ITS telah membuat kebijakan keberpihakan. Tujuannya, agar terjadi pemerataan pendidikan. "Ini penting, mengingat jika tetap menggunakan standar yang selama ini digunakan ITS, maka tidak akan banyak mahasiswa ITS yang berasal dari wilayah Indonesia Timur," tuturnya. "Sebab, hasil pendidikan di bangku SMA yang tidak merata antara siswa yang berada di Jawa dengan di luar Jawa," imbuhnya.

Ada juga PMDK berprestasi. Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa berbakat atau berprestasi di tingkat nasional atau internasional di bidang sains, teknologi, dan seni. "Ini dilakukan untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih siswa SMA. Mereka akan diberi kesempatan untuk memilih jurusan yang diinginkan," katanya.

Sedangkan PMDK berbeasiswa, dikhususkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik menonjol. Tapi berasal dari keluarga ekonomi lemah. "Untuk Program PMDK Berbeasiswa, kami menyiapkan 50 kursi. Mereka akan dibebaskan uang sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan SPP selama lima tahun dan itu diperuntukkan bagi semua jurusan yang ada di ITS," ungkapnya.

Yang terakhir, yaitu PMDK reguler, program ini bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik menonjol, yaitu siswa SMA/SMK kelas 3 yang menduduki peringkat 1 sampai 10 di kelasnya. "Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini Jurusan Teknik Mesin tetap hanya menerima calon mahasiswa putri," pungkasnya. (rth/ris)

Berita Terkait