ITS News

Minggu, 29 September 2024
13 Februari 2006, 16:02

Kali Pertama, ITS Masuk Rekor Muri

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam catatan Muri, rekor membakar ikan selama ini yang tercatat hanya menggunakan panggangan ikan terpanjang 2005 meter. Saat itu dicetak atas nama Pemerintah propinsi Sulawesi Utara. Sedangkan pada tahun 2006, BEM ITS bersama Pemkab Lamongan menuliskan namanya dengan memcahkan rekor atas kegiatan bakar ikan di atas kapal sebanyak 101 kapal. “Kami telah melakukan penghitungan kapal yang ada, jumlahnya 130, tapi yang diusulkan hanya 101 kapal, kategori yang dicetak kali ini adalah jumlah kapal terbanyak,” salah seorang penilai dari Muri menjelaskan.

Menurut Kasdani, tengkulak dan nelayan yang mengkoordinir pembelian ikan, berat total ikan yang dibakar dalam pemecahan rekor Muri ini yaitu 5,25 kuintal. “Ada empat jenis ikan yang dibakar yaitu ikan togek, tongkolan, golok merah, dan tongkol asli,” ungkap pria yang berusia 44 tahun ini.

Memang, awalnya, ikan yang akan dibakar adalah hanya jenis ikan togek karena ikan ini banyak terdapat dan disukai oleh masyarakat Lamongan. “Namun, pertimbangan lain, agar masyarakat tidak keliru berkait dengan isu penggunaan formalin, sehingga akhirnya diputuskan untuk membakar empat jenis ikan yang terdapat di sana,” tandas Muhammad Zainal Arifin, koordinator kegiatan. “Ikan-ikan ini kami bakar di atas seratus buah kapal nelayan lebih bersama-sama para nelayan, mahasiswa ITS dan siswa SMA se-Jatim dan Bali yang melakukan kegiatan Ocean Week yang dilaksanakan mulai 11 hingga 18 Februari,” imbuhnya lagi.

Sebagai informasi, bakar ikan istimewa yang mengambil tema Tingkatkan Hasil Tangkapan Ikan yang Bebas Bahan Kimia atau Formalin ini termasuk dalam salah satu rangkaian kegiatan Ocean Week. Selain dihadiri oleh Pembantu Rektor III ITS, Dr Ir Achmad Jazidie MEng, juga dihadiri Bupati Lamongan, Masfuk SH.
Kegiatan Ocean Week yang akrab disebut Sepekan Bahari 2006 ini, merupakan hasil kerjasama antara Departemen Riset dan Teknologi BEM, Himpunan Mahasiswa Sistem Perkapalan, Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan dan Himpunan Mahasiswa Biologi.
Kegiatan Ocean Week digelar mulai Sabtu (11/2), selain mencatatkan rekor Muri juga diisi dengan berbagai acara diantaranya ceramah kepada para siswa SMA se Jatim dan Bali tentang kelautan, pesisir dan pantai dan diskusi dengan para nelayan. Digelar pula kegiatan penanaman bakau atau mangrove di pantai Tuban. Dan sebuah dialog interaktif antara nelayan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan akan dilaksanakan pada 16 Februari mendatang di Kampus ITS.(th@/ftr)

Berita Terkait