ITS News

Minggu, 29 September 2024
14 Februari 2006, 16:02

Dosen UiTM Kunjungi Kampus ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kedatangan 14 dosen asal UiTM disambut meriah dengan acara ramah tamah beberapa dosen ITS yang diwakili oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Kunjungan rombongan yang dipimpin oleh Prof Dr Assoc Suhaimi Abdul Latif selaku dekan FTSP UiTM ini merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya ITS telah mengadakan kunjungan ke UiTM yang diikuti oleh Prof Ir Priyo Suprobo MS Phd, Dr Ing Haryo Sulistyarso serta sekitar 30 mahasiswa S2 jurusan arsitek.

Selain acara ramah tamah, dalam kunjungan tersebut juga diadakan kolokium dan presentasi makalah bersama antara ITS dan UiTM. Kolokium tersebut membahas persolalan seputar bidang Teknik Sipil dan Perencanaan antara lain bursa limbah, spatial planning, eco-house dan alternatif pembangunan jembatan kecil. Tampil sebagai pembicara adalah empat dosen ITS, Dr Ing Ir Bambang Soemardiono, Prof Indra Surya PhD, Dr Ing Ir Haryo Sulistyarso, Prof Wahyono Hadi serta tiga dosen UiTM, Pn Rohana Hasan, Pn Zuhaida Moh. Zaki MSc dan Pn Azinoor.

Kolokium semakin hangat ketika pembahasan mengenai spatial planning diberikan Dr Ing Ir Haryo Sulistyarso. Konsep tata letak pasca tsunami Nangroe Aceh Darussalaam (NAD) menjadi pembahasan yang menarik karena Haryo turut menceritakan pengalamannya dalam menangani proyek tsunami. ”Kejadian tsunami ini sungguh luar biasa, sampai empat kilometer ke arah darat tak tersisa satu bangunan kecuali satu yaitu masjid yang terletak di Ulele,” ungkap Haryo.

Dalam pertemuan tersebut juga dijalin kerja sama antara FTSP ITS dengan FTSP UiTM dalam rangka keberlangsungan kegiatan akademik diantara kedua perguruan tinggi, khususnya pada FTSP. ”Selain dalam rangka silaturahmi, dalam kunjungan balasan ini akan dijalin sebuah kerja sama antara ITS dengan UiTM seperti pertukaran mahasiswa, beasiswa, dll,” ujar Alia Damayanti selaku ketua panitia.

Acara ini terselenggara atas program kerja FTSP ITS dalam rangka menjalin hubungan kerja sama dengan FTSP UiTM. ”Kerja sama ini merupakan program kerja FTSP ITS dan kebetulan Teknik Lingkungan ITS yang punya gawe,” tambah Alia.(han/ftr)

Berita Terkait