ITS News

Minggu, 29 September 2024
24 Februari 2006, 11:02

Lolos, 30 Proposal PKM ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS kembali menorehkan prestasinya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terbukti, PKM yang diajukan tahun 2005, sebanyak 30 dari 77 proposal peserta yang dikirim ITS ke Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) dinyatakan lolos seleksi. Dan, ini merupakan peningkatan prestasi dari tahun 2004 lalu. Mengenai penjelasan kelanjutan serta penyambutan ke-30 pemenang diadakan pada Kamis sore (23/2) di Rektorat ITS.

Dr Ir Achmad Jazidie Meng, Pembantu Rektor III ITS, memberikan sambutannya kepada puluhan peserta PKM 2005 yang lolos ke DIKTI. Menurut Jazidie, ITS sangat mendorong kegiatan semacam ini. Apalagi 30 proposal mahasiswa ITS bisa lolos. Dari data yang ada, peserta dari ITS yang paling banyak lolos melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang teknologi (PKMT). ”Peningkatan prestasi ini semakin mengokohkan ITS, terutama putra-putri terbaik ITS di level nasional,” ungkap dosen jurusan Teknik Elektro ITS. Untuk diketahui, saat ini ITS menduduki posisi tiga besar setelah ITB dan UI, dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Kedudukan ini diukur dari passing grade pada SPMB tahun kemarin.

Jazidie pun melanjutkan jika dalam bidang Robotika, keunggulan ITS tidak perlu diragukan lagi. ”Kalau dalam bidang robotik sudah jelas keunggulan ITS. Baru-baru ini saja 11 proposal robot karya mahasiswa ITS disetujui DIKTI. Padahal di tingkat Jatim hanya 17 proposal yang diterima, sedangkan 11 nya dari ITS. Nantinya akan diseleksi untuk ikut KRI di Jakarta mendatang,” tandasnya.

Sehingga, lanjut dosen ITS ini, merupakan hal yang tidak mudah untuk mempertahankan reputasi baik itu. Hingga saat ini, yang belum dimenangkan yaitu Presentasi Pemikiran Kritis Mahasiswa (PPKM). ”Satu hal kita masih diurutan bawah dalam program yang dilincurkan DIKTI adalah PPKM. Kita belum pernah menang di bidang ini, kita masih kedodoran di PPKM,” imbuh Jazidie. Padahal, jika dalam karya tulis lain yang sejenis, ITS pun mengukirkan prestasi. ”Bagaimana bisa masuk final, lha wong proposal yang dikirim tahun kemarin hanya satu dua aja. Tapi alhamdulillah, tahun 2006 sekitar dua puluhan nantinya yang akan dimasukkan ke DIKTI. Semoga saja kita mengukir nama di sana,” harapnya penjang lebar.

Terakhir, Jazidie kembali mengucapkan selamat dan sukses kepada 30 tim PKM ITS yang berhasil mendapatkan dana DIKTI. Nantinya, pada Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) 2006 mendatang, DIKTI akan melakukan visitasi kelayakan program untuk dapat dikirim pada Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional (PIMNAS). PIMNAS rencananya akan dihelat pada bulan Juli besok di Universitas Muhammadiyah Malang. ”Ayo kita serbu rame-rame,” teriak Jazidie memberikan semangat kepada peserta.(th@/asa)

Berita Terkait