ITS News

Senin, 30 September 2024
01 Maret 2006, 14:03

Dikonkretkan, Pertukaran Mahasiswa Antar-PTN

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Jatim sedang menggagas kerja sama pertukaran mahasiswa. Dengan langkah tersebut, kelak mahasiswa Universitas Brawijaya bisa menjalani kuliah di Universitas Airlangga. Demikian pula sebaliknya, mahasiswa PTN di Surabaya bisa berstudi di Malang.

Topik tersebut menjadi salah satu bahasan aktual sembilan rektor PTN di Jatim. Mereka berkumpul dalam Forum Rektor dan Pembantu Rektor PTN se-Jatim yang digelar di Kampus Unair kemarin.

Rektor Unair Prof Puruhito yang ditunjuk menjadi juru bicara menjelaskan bahwa rencana tersebut segera dikonkretkan. "Jika ini disepakati, seorang mahasiswa sebuah PTN bisa mengambil mata kuliah di PTN lain," jelasnya kepada wartawan.

Menurut dia, secara garis besar, kesembilan anggota forum sudah sepakat. Namun, ada beberapa hal teknis yang masih perlu dibahas. Terutama soal perhitungan sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) maupun soal sistem kredit semester (SKS).

Misalnya, ada mahasiswa Unair yang telanjur membayar SPP di kampusnya, tapi berencana berkuliah di Unibraw. Harus ada kesepakatan antar pimpinan untuk soal seperti itu. "Kami sedang menggodok pemecahannya. Yang jelas, kami berharap gagasan ini bisa segera direalisasikan," tegas Puruhito.

Sementara itu, PR III Unibraw Tjahjanulin Domai menyatakan, pertukaran tersebut tidak hanya ditujukan bagi untuk mahasiswa. Tapi, ada juga wacana pertukaran tenaga pengajar. quot;Kerja sama ini tidak sampai mengurangi kebebasan PTN untuk menerima mahasiswa, baik dari luar pulau maupun luar negeri," ujar dosen FIA tersebut.

Selain masalah pertukaran pelajar, forum tersebut menyelesaikan rencana penerapan public university link system education (Pulse), sebuah sistem informasi antar PTN se-Jatim. Dengan fasilitas tersebut, antar-PTN bisa saling bertukar informasi untuk pengembangan studi di masing-masing kampus.

Hasilnya, fasilitas tersebut sudah bisa diakses mulai hari ini. Dan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ditunjuk sebagai pengelola fasilitas itu. Malahan, penggunaan Pulse tersebut rencananya dikembangkan untuk e-learning. Fasilitas itu bisa diakses di situs www.pulse.web.id. (ris)

Berita Terkait