ITS News

Minggu, 29 September 2024
05 Maret 2006, 16:03

Atraksi Freestyle Ramaikan Mechanical Fun Bike 2006

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara yang dijadwalkan dimulai pukul enam pagi ini harus diundur selama setengah jam untuk memberikan kesempatan kepada sisa peserta yang belum datang. Tercatat, tidak kurang dari 500 orang terdaftar untuk ikut meramaikan acara sepeda santai ini. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa, acara yang digelar bagi masyarakat umum ini juga diramaikan oleh beberapa perkumpulan klub sepeda. Lucunya, ternyata acara ini juga banyak diminati oleh anak-anak. Tidak kurang dari puluhan anak-anak turut memadati pelataran kantin pusat ITS.

Rute dari acara fun bike kali ini melewati kampus PENS ITS-Mulyosari-UNAIR kampus C-Kertajaya lalu diakhiri di pelataran kantin pusat ITS. Sempat diawal perjalanan ada beberapa peserta yang menemui kendala ringan seperti rantai yang terlepas dan ban yang bocor. Tetapi dengan sigap, panitia yang ditempatkan di lapangan segera membantu peserta mengatasi kendala ringan tersebut. Dalam menjaga keteraturan dalam acara fun bike kali ini, panitia telah bekerjasama dengan pihak kepolisian yang ditempatkan di beberapa titik rute.

Hadiah yang ditawarkan acara yang diselenggarakan oleh angkatan 2005 ini terhitung cukup besar. Untuk hadiah utama saja, panitia memberikan uang sebesar satu juta rupiah. Selain itu juga ada beberapa hadiah hiburan seperti sepeda gunung dan puluhan peralatan rumah tangga.

Acara ini juga mempunyai rangkaian acara berupa kampanye moral hemat energi sesuai dengan tema yang diusung yakni “Save Our Energy with Bicycle”. Kampanye tersebut dilakukan dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat sekitar.

Dari sambutan yang diungkapkan oleh ketua panitia, Ghofar Fistia, bahwa pemakaian sepeda akan berdampak pada pengehematan energi dan pengurangan polusi. Lebih dari itu, lanjut Ghofar, menggunakan sepeda akan meningkatkan kualitas kesehatan pemakainya. Ghofar berharap kedepannya mahasiswa ITS akan memilih sepeda sebagai alternatif pengganti sepeda motor. “Semoga rektor dapat membagikan sepeda gratis kepada mahasiswa untuk mengurangi polusi di lingkungan ITS ini,” begitu ungkap Ghofar.

Saat pembagian doorprize panitia pun menyuguhkan acara yang cukup menarik yaitu atraksi menantang dari komunitas Extreme Frestyle Bikers (EFB). Aga, salah satu anggota EFB, mengaku jika mereka telah melatih kemampuan ini sejak tiga tahun yang lalu. Ketrampilan yang terus diasah tersebut membuat mereka tidak canggung memperlihatkan kemampuan mereka bahkan untuk teknik yang sulit sekalipun seperti five hands dan ceker. Vian, anggota EFB lainnya, mengaku senang dengan diadakannya acara seperti ini. Ia pun mengungkapkan dukungannya dalam kampanye hemat energi. (ap/ftr)

Berita Terkait