ITS News

Minggu, 29 September 2024
06 Maret 2006, 10:03

JMMI Adakan Bincang IT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu pembicara, Drs Soehardjoepri MSi, mengetengahkan wawasan tentang bagaimana membangun Indonesia melalui Information Technology (IT). “Teknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesatnya. Jika diamati dalam setiap satu dekade, terjadi perkembangan yang cukup signifikan, ” papar dosen yang akrab disapa Djoepri ini mengawali. Perkembangan pesat di bidang IT ini dimulai dari era akuntansi tahun 1950 hingga pada era jejaring global sekitar tahun 1990. Hal ini, imbuh Soehardjoepri, tentu saja merubah Indonesia dari waktu ke waktu.

Dosen Matematika ITS ini kemudian mengatakan bahwa Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan produk IT yang sangat membantu, terutama bagi Indonesia yang memiliki kepulauan yang sangat luas. ”IT akan sangat membantu untuk pengontrolan dan pengendalian wilayah Indonesia. Sarana dan prsarana pun harus dikembangkan,” paparnya.

Produk IT lain yang akan sangat membantu mempersempit jarak antar wilayah di Indonesia adalah Teleconference. Komunikasi berbentuk audio visual jarak jauh ini, menurut Soehardjoepri,  akan memudahkan para pemimpin wilayah di seluruh bagian Indonesia dapat saling berkoordinasi dan berdiskusi. ”Tentunya ini perlu sosialisasi yang intensif dan efektif,” katanya.

Sementara itu Wahyu Winarto, HRD PT Telkom Divre V Jawa Timur, mengupas IT dari segi yang berbeda. Menurut pria kelahiran Kudus ini peluang bisnis dalam IT ada dua jenis yakni pada produk dan servis. "Untuk menghasilkan produk IT sendiri ada tiga kategori. Ketiga pengelompokan itu adalah hardware, software dan brainware. Sedangkan dari service, dapat berupa internal atau intranet, maupun public atau yang kita sebut internet" papar Wahyu.(th@/ftr)

Berita Terkait