ITS News

Minggu, 29 September 2024
09 Maret 2006, 15:03

SMA Gloria Rebut Piala Walikota ILPC 2006

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Informatics Logic and Programing Competition 2006 digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Computer–Informatika (HMTC) ITS berakhir sudah. Kompetisi yang terbagi dalam dua kategori ini diadakan pada Senin-Selasa (6-7/3) di Graha Sepuluh Nopember dan laboratorium Pemrograman Teknik Informatika. Setelah bertanding selama dua hari, akhirnya Daphnie Soegijono, Renawati W dan William Suryajaya dari SMA Gloria merebut juara pertama dalam kategori Logic Competition. Mereka berhak atas hadiah utama satu juta rupiah dan Piala Walikota Surabaya.

Sementara itu juara II direbut oleh Ony Octavianto, Ergo SK, Aditya Baskoro, dari SMAN 6 Surabaya. Sedangkan Yanuar Alan Sulistio, Steven Heriyanto, Alvin Nathaniel dari SMAK Petra I merebut juara III. Masing-masing berhak menerima hadiah uang sebesar 750 ribu rupiah dan 500 ribu rupiah.

Pelaksanaan Logic Competition sendiri dibagi menjadi tiga babak. Pada babak penyisihan yang diadakan di hari pertama, tiap tim harus menyelesaikan 150 soal logika dalam waktu 90 menit. Soal-soal ini umumnya menguji penalaran peserta. Dari 156 peserta, diambil 15 tim dengan nilai tertinggi untuk melaju ke babak semifinal yang diadakan di hari kedua.

Dalam babak ini, tiap tim harus berkeliling ke 15 pos soal. Di tiap pos setiap tim harus menyelesaikan soal logika yang bervariasi mulai dari deret bilangan, hingga puzzle. Di babak final, lima tim yang berhasil lolos babak semifinal harus adu cepat menjawab pertanyaan adu cepat. Setelah itu mereka harus mempresentasikan analisisnya terhadap soal logika yang diberikan.

Menurut salah satu juri dalam perlombaan ini, Ary Mazharuddin Shiddiqi SKom, penilain dalam babak final ini antara lain berdasarkan pemenuhan jawaban terhadap kriteria dari soal. ”Kedua sistematika pengerjaan. antara mengira-ngira dan menggunakan logika yang menunjang terselesaikan soal. Kalau memakai logic yang masuk akal ya semakin bagus,” ungkap dosen Teknik Informatika ini. Selain itu menurutnya kejelasan dalam presentasi dan kejurjuran juga menjadi faktor penilaian.

Sementara itu Esmon Winarko dari SMA St Louis I Surabaya menjadi juara kategori Programing Competition yang dilombakan di Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika dan berhak atas hadiah sebesar 750 ribu rupiah. Sedang juara II direbut Edo Pabrico dari SMAK Kolese St Yusuf Malang, dan juara III direbut Thariq Nugrohotomo dari SMAN 3 Malang.

Dalam Programming Competition yang diadakan di Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika, para peserta berusaha untuk menyelesaikan soal-soal pemrograman yang dikerjakan dengan menggunakan bahasa Pascal, yang biasa digunakan untuk memperkenalkan pemrograman di tingkat sekolah. (rif/rin)

Berita Terkait