ITS News

Minggu, 29 September 2024
11 Maret 2006, 15:03

SMA St. Louis 1 Rebut Tropi Gubernur dalam MFG 2006

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) kembali mengadakan kompetisi tahunan Mathematic Fun Game. Acara yang merupakan bagian dari rangkaian dari Mathematic In Action (MIA) ini diadakan pada Sabtu-Minggu kemarin (11-12/3) bertempat di Jurusan Matematika. Lomba ini diikuti oleh para pelajar dari SMA se-Jawa Timur dan memperebutkan hadiah utama tropi Gubernur Jawa Timur.

Mathematic Fun Game tahun ini diikuti oleh 101 tim yang masing-masing terdiri atas dua peserta, dari berbagai SMA di Jawa Timur. Dibandingkan tahun lalu, ada beberapa perubahan teknis yang dilakukan oleh panitia. "Tahun kemarin, MFG dilaksanakan di tiap regional. Untuk tahun ini dilaksanakan terpusat di ITS," ujar Fajar, ketua panitia ini. Selain itu, gengsi acara tahunan ini juga bertambah. "Untuk tahun ini, MFG memperebutkan tropi Gubernur Jawa Timur," ungkap mahasiswa angkatan 2003 ini.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibagi menjadi 3 tahap penyeleksian, yaitu tahap penyisihan, tahap semi final, dan tahap final. Untuk tahap penyisihan peserta diharuskan mengerjakan 60 soal pilihan ganda dalam waktu 2 jam. Dari tahap penyisihan diambil 30 tim untuk mengikuti tahap semi final. Pada tahap ini, peserta mengerjakan 30 soal pilihan ganda dan 2 essai. Dari sini diambil 10 tim untuk mengikuti tahap final pada hari Sabtu (12/3) di Perpustakaan ITS Lantai 2.

Di babak final ini, terpilih 10 tim terbaik, yaitu SMAK Kolese Santo Yosep Malang (4 tim), SMA Kristen Petra 2 Surabaya (2 tim), SMA Kristen Petra 1 Surabaya (1 tim), SMAK St. Louis 1 Surabaya (1 tim), SMAN 1 Gresik (1 tim), SMAN 2 Ngawi (1 tim). Sepuluh tim tersebut diharuskan mengerjakan 3 soal esay dalam waktu 45 menit, dan hasilnya dipresentasikan dihadapan 6 dewan juri yang merupakan para dosen jurusan Matematika.

Tim yang beranggotakan Lia dan Nina Pratomo dari SMAK St. Louis 1 Surabaya akhirnya berhasil mengalahkan tim-tim lainnya dan keluar sebagai juara. Mereka berhak atas hadiah utama Tropi Gubernur Jawa Timur dan uang senilai 2 juta rupiah. Semantara itu Juara II diraih oleh Azhar dan Reza Najmu dari SMAN 1 Gresik, sedangkan Juara III diraih oleh Albertus Agung dan tim dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Mereka masing-masing berhak atas tropi dan uang senilai 1,5 juta rupiah dan 1 juta rupiah.

Kembali, SMA swasta memperlihatkan dominasi dalam lomba yang diadakan di ITS. "Hal itu menunjukkkan bahwa pembimbingan di sekolah tersebut sangat baik," ujar Drs Sentot Didik Surjanto MSi, Dosen TKK Jurusan Matematika yang memberi sambutan dalam acara ini. (dew/rif)

Berita Terkait