ITS News

Minggu, 29 September 2024
15 Maret 2006, 17:03

Aksi Simpatik Pelepasan Wisuda TL

Oleh : Dadang ITS | | Source : -
Puluhan mahasiswa Teknik Lingkungan termasuk calon wisudawan/wisudawati melakukan aksi simpatik untuk mengajak masyarakat mengurangi polusi. Aksi ini berlangsung di beberapa titik di Kota Surabaya. Tercatat ada tiga lokasi yang digunakan untuk melakukan aksi, yaitu di Bundaran ITS, dan 2 titik lagi di dekat Galaxy Mall Surabaya.

Aksi yang dimulai sekitar pukul sebelas siang itu, diisi dengan memberikan bunga dan brosur tentang bahaya polusi kepada masyarakat. "Kami membagikan 200 bunga dan brosur kepada masyarakat, itu semua kami lakukan untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya polutan," jelas Nurjaman, koordinator lapangan (korlap) aksi tersebut.

Dalam brosurnya, peserta aksi ini mengajak masyarakat untuk menghentikan polusi. "Setiap tahun tercatat ada lebih dari delapan ratus ribu kematian disebabkan oleh polusi udara karena asap kendaraan bermotor. Hal ini karena asap kendaraan bermotor berisi zat-zat berbahaya bagi tubuh," jelas pria yang akan diwisuda Sabtu besuk (18/3).

Nurjaman menjelaskan bahwa sebenarnya kadar polutan dalam lingkungan dapat dikurangi dengan beberapa cara. "Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi. Gunakanlah bensin yang bersih dari timbal, untuk jarak dekat janganlah pakai kendaraan bermotor, cukup jalan kaki saja atau naik sepeda. Selain itu menggunakan antar jemput sekolah itu akan lebih baik daripada semua orang tua menggunakan kendaraan pribadinya untuk menjemput anaknya di sekolah,karena akan mengurangi asap kendaraan yang keluar," terang mahasiswa angkatan 2001 ini.

Aksi simpatik yang didukung oleh Unilever dan Klub Tunas Hijau ini berakhir sekitar pukul 12 siang dan dilanjutkan acara bakti sosial bersama anak yatim piatu di kampus Teknik Lingkungan.(jie/rin)

Berita Terkait