ITS News

Minggu, 29 September 2024
19 Maret 2006, 11:03

Warna-Warni Wisuda ke-92 : Jadi Lahan Bisnis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menjelang acara wisuda dimulai beberapa stan dadakan sudah tampak  berdiri. Ditambah keadaan parkir mobil yang padat, munculnya pedagang ini semakin memberi kesan wisuda, meriah dan semrawut. Tapi, jangan dikira jika hanya mereka yang berprofesi sebagai PKL saja yang menempati halaman Grha ITS. Mahasiswa ITS yang terkenal dengan slogan cerdas, ulet dan kreatif pun tak mau ketinggalan. Memeriahkan momen kakak-kakak mereka wisuda, mereka ikut memeriahkan lahan bisnis momen wisuda.

Dalam bazar insidental ini, jangan harap bisa menemukan barang yang beraneka ragam. Pedagang dadakan ini rupanya telah mengetahui apa yang diinginkan konsumennya saat wisuda. Hanya Makanan, minuman, bunga, dan souvenir berbau ITS yang dapat dengan mudah anda jumpai.

Pedagang dari mahasiswa sendiri selain menjual makanan ringan,  minuman dan merchandise ITS juga terlihat fokus menawarkan bunga segar dan plastik disekitar Grha ITS.

Dijelaskan oleh Vivi mahasiswa jurusan Teknik Kimia ITS yang terlihat sibuk menjajakan dagangan, stan himpunannya kali ini menjual makanan ringan, minuman serta bunga.  "Yang paling laris memang minuman," kata Vivi. Memang suasana di Grha memang cukup gerah saat itu karena banyaknya tamu wisudawan yang hadir. Mengenai hasil dari berdagang ini sendiri, Vivi mengatakan bahwa keuntungan akan digunakan sebagai tambahan dana studi excursie jurusannya.

Lain lagi dengan mahasiswa jurusan Teknik Industri, pangsa pasar yang dibidik adalah orang yang mencari souvenir berbau ITS. Mulai dari gantungan kunci, stiker dan buku agenda mereka tawarkan. Cara penjualan yang dilakukan tergolong berani, yakni menjemput konsumen dengan berjalan membawa dagangan mencari konsumen.

Selain nuansa PKL dan stan mahasiswa, acara wisuda juga selalu di ramaikan dengan merebaknya studio foto dadakan disekitar gedung Grha ITS. Untuk fenomena foto, semakin kental ketika prosesi wisuda selesai dan wisudawan keluar dari gedung. Puluhan stan foto dengan kain background beragam gambar tampak berdiri lengkap dengan juru foto, dan perlengkapan lainnya. Benar-benar semarak momen wisuda di ITS.(ap/asa)

Berita Terkait