ITS News

Senin, 30 September 2024
22 Maret 2006, 11:03

57 Tim Lolos Seleksi LCEN ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mereka akan masuk tahap realisasi hingga 28 April mendatang. Seluruh finalis diberi waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan karyanya. Jika sudah kelar, karya tersebut akan dipresentasikan pada final yang digelar pada 3-6 Mei mendatang.

Ketua Panitia LCEN ITS Suhartanto Raharjo, 57 peserta itu terbagi dalam empat kategori (bidang). Yakni, Telekomunikasi Multimedia dan Informatika (Telematik), Biomedik, Elektronika dan Otomasi Industri, serta Elektronika Dasar (untuk pelajar SMA atau sederajat). "Sesuai aturan, tiap kategori hanya diikuti oleh 15 tim," ujarnya.

Khusus untuk Biomedika, hanya diikuti 13 tim. Pasalnya, jumlah pendaftar untuk kategori ini memang hanya 13 tim. Oleh panitia, mereka dinyatakan lolos.

Nantinya,
para finalis bakal mendapat subsidi dari panitia untuk realisasi alat. Besarannya, untuk mahasiswa Rp 300 ribu dan pelajar Rp 200 ribu. Selain itu, panitia juga menetapkan, realisasi karya harus sudah selesai pada 28 April. "Jika lebih dari itu, maka mereka kita anggap gugur," ujar Tanto.

Panitia menjamin, penilaian akan benar-benar objektif. Selain anggota tim juri yang terdiri dari 21 pakar teknologi dari berbagai kalangan, panitia juga sudah men-setting tiap juri hanya disodori judul dan isi proposal. Sedangkan, identitas proposal disimpan panitia. "Jadi, penilaiannya tidak ada unsur like and dislike," ujar Tanto.

Dia juga optimistis jika LCEN kali ini akan lebih menarik. Sebab, rata-rata judul proposal yang sudah masuk cukup menarik
dan inovatif. "Kebanyakan bisa menjadi solusi permasalah kota," tambahnya.

Menurut Tanto, penilaian itu terdiri dari dua tahap. Yakni, penilaian umum (terkait dengan isi proposal) dan penilaian penulisan (terkait kemampuan peserta membuat proposal).

Selain menyiapkan piala mendiknas, panitia akan mengambil tiga terbaik di masing-masing bidang. Total, hadiah yang disiapkan sebesar Rp 32,5 juta. Selain itu, even yang juga didukung Jawa Pos ini menyediakan sertifikat, trofi LCEN, dan paket sponsor bagi pemenang. "Khusus untuk juara kategori pelajar akan memperoleh peluang besar mendapatkan PMDK Prestasi ITS sesuai dengan keinginannya," ujarnya. Selain itu, akan ada penghargaan yang diberikan pada finalis favorit, ide terbaik, dan desain terbaik. (ris)

Berita Terkait