ITS News

Sabtu, 28 September 2024
05 April 2006, 17:04

Reusable Sanitary Landfill, Solusi Untuk Sampah Kota

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam kuliah tamunya, Dipl Ing Ir HMHB Henky Suatnto dari BPPT menjelaskan pada sekitar 50 peserta yang hadir di ruang sidang Teknik Lingkungan ITS akan pentingnya REL. Ia mencermati belum adanya alokasi TPA dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dalam perkotaan. Padahal TPA sampah sangat diperlukan dalam suatu kota yang penduduknya akan selalu tumbuh. Bila sudah masuk dalam RTRW, maka penduduk di sekitarnya akan sulit bila mendemo. Selain itu, juga perlu dilakukan sosialisasi kepada warga sekitar tentang perlunya TPA bagi kota, berikut manfaatnya.

Untuk itu, menurut Henky, diperlukan rancangan TPA yang aman dan bebas dari bau serta pencemaran leachate atau air dari sampah. Diperlukan pula lapisan geomembran atau geoliner untuk mencegah air leachate masuk ke dalam akuifer air tanah. Leachate yang mengalir lewat geliner akan diolah dengan baik sehingga tidak membahayakan atau mencemari air tanah atau sumur penduduk di sekitarnya.

Adanya REL akan sangat diperlukan, yaitu 2 TPA dalam sebuah kota yang penggunaanya bergantian. Bila yang satu penuh maka digunakan yang lain sementara yang penuh diambil komposnya untuk dimanfaatkan. Hal ini mengingat luas lahan di perkotaan yang dapat digunakan semakin sulit dicari. "Jerman misalnya, negara ini jauh dari permasalahan sampah karena penataannya yang rapi" paparnya.

Selain dari mahasiswa, beberapa dosen Teknik Lingkungan turut hadir dalam kuliah tamu yang dimulai pukul sembilan ini. Dibuka dan ditutup oleh Ketua Jurusan Teknik Lingkungan ITS, Ir. Agus Slamet, MSc.(li/ftr)

Berita Terkait