ITS News

Sabtu, 28 September 2024
06 April 2006, 10:04

Komandan SKK ITS: Tingkatkan Kewaspadaan Anda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun 2004 pencurian kendaraan bermotor mencapai angka 34 unit motor, dan tahun 2005 naik menjadi 36 motor. Namun yang lebih mengejutkan lagi, baru berjalan 2 bulan saja, di tahun 2006 ini sudah terjadi 20 kali pencurian kendaraan bermotor.” Laporan kehilangan sepeda motor ke SKK sebanyak 20 kali, itu belum termasuk pencurian HP, dan sebagainya,” ungkap Bambang.

Bambang menuturkan bahwa saat ini pencuri bertindak sangat profesional. Jaringannya pun juga baik dan luas. “Dalam melakukan aksinya, para pencuri ini bekerja dalam hitungan detik. Namun untuk pengintaian itulah yang butuh lama,“ jelas Bambang. Ia menambahkan bahwa komunikasi dan strategi apara pencuri ini juga sangat bagus. ”Mereka itu lihai, kalau dari tampang, Anda tak akan mengira mereka pencuri. Mereka juga punya skenario pencurian yang bagus, sudah ada sistematikanya,” jelas Bambang.

Ia sudah berkali-kali memberi himbauan kepada warga ITS untuk berhati-hati lewat selebaran. Namun belum lama ditempel, selebaran peringatan itu banyak yang lenyap disobek . “Inilah salah satu taktik mereka, membuat seolah warga ITS merasa aman, sehingga mereka mudah mencari kelengahan kita,” jelas Bambang.

Bambang hanya berharap, agar warga ITS terketuk hatinya akan keselamatan kendaraan bermotor yang mereka bawa. “Kendaraan Anda adalah milik Anda, dan tanggung jawab Anda juga. Oleh karena itu, tingkat kewaspadaan Anda,” tegas Bambang. Ia juga memberikan himbauan cara–cara bagaimana menjaga keamanan. ”Dobelkan kunci kendaraan anda, atau gunakan safety alarm. Dan yang paling penting, parkir kendaraan anda di tempat parker resmi, jangan sembarangan, timbulkan kewaspadaan yang tinggi terhadap motor anda dan rasa ikut memiliki kampus ITS ini,” pungkas Bambang. (jie/tov)

Berita Terkait