ITS News

Minggu, 29 September 2024
19 April 2006, 14:04

Persiapan KPU Menyongsong Pemira

Oleh : Dadang ITS | | Source : -
Ditemui di Sekretariat KPU, Ketua KPU, Aris Prasetyo mengatakan bahwa rencananya mulai tanggal 22 April sampai tanggal 5 Mei mendatang akan dilaksanakan kampanye dari para kandidat calon presiden  BEM. "Selama dua Minggu kami rencanakan para kandidat akan kampanye di kampus ITS, setelah itu tanggal 6 – 8 Mei adalah hari tenang," ungkap Pras. Ia menjelaskan bahwa jadwal dan mekanisme kampanye enam calom presiden BEM tersebut sepenuhnya akan diatur KPU.

Ditanya tentang kesiapan KPU menghadapi Pemira, Pras mengaku KPU juga sudah siap menyongsong Pemira yang akan dilaksanakan Mei mendatang. "Kalau dihitung dalam persen, Insya Allah 80% kami sudah siap," ungkapnya. Pras mengaku bahwa perhatian terbesar KPU saat ini adalah kepada masalah teknis. Dikatakan Pras, bahwa secara teknis pelaksanaan Pemira tahun ini tak jauh berbeda dengan Pemira tahun lalu. Pemira tetap dilaksanakan di beberapa titik di kampus ITS dan melibatkan Panitia Pemilihan Umum (PPU) dari masing-masing jurusan.

Diungkapkannya pula, KPU juga telah mencetak sebanyak 25.000 kertas suara. Untuk jumlah sebanyak itu, KPU menghabiskan dana 6 juta rupiah. "Alkhamdulillah dana yang turun sudah mencukupi untuk cetak kertas suara. Karena kami kaget sekali waktu survey harga cetak, harganya naik 100 persen. Tahun lalu untuk kertas suara cuma menghabiskan 3 juta saja, kini untuk jumlah segitu menghabiskan dana 6 juta," ungkap Pras. Sampai saat ini Pras mengaku pengeluaran KPU sepenuhnya ditanggung oleh BEM ITS. Hal ini dikarenakan dana dari Ikoma dan SPP-DPP belum cair.

Pras mengaku ada beberapa hambatan yang dihadapi KPU. "Tahun ini KPU ada 11 orang termasuk saya, waktu pertama dulu kami sangat kesulitan dalam koordinasi, karena padatnya jadwal kuliah masing-maing anggota. Akhirnya kami sepakai rapat di malam hari bertempat di ruang baca perpustakaan ITS," jelasnya. Namun karena suasana serta keadaan yang kurang kondusif maka, akhirnya segala kegiatan KPU kini dialihkan ke gedung BAAK lantai tiga yang dulu digunakan sebagai sekretariat Legislatif Mahasiswa (LM). (jie)

Berita Terkait