ITS News

Minggu, 29 September 2024
20 April 2006, 15:04

LPPM Gelar Research Award

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk meningkatkan kualitas serta jumlah peneliti di ITS, LPPM ITS menggelar Research Award. Acara yang baru diadakan pertama kali di ITS ini juga untuk memotivasi para peneliti agar mampu menunjukkan kiprahnya baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Itulah yang diungkapkan Prof Ir Paulus Indiyono MSc PhD, ketua pelaksana Research Award saat ditemui ITS Online di ruang LPPM, Kamis (20/4).

"Dalam Research Award ini kami berharap akan muncul peneliti-peneliti baru di kampus ini. Kami juga berharap akan muncul banyak hasil penelitian yang berdayaguna bagi masyarakat," ungkap Paulus. Ia menambahkan, sebenarnya tahun 2004 lalu sudah pernah diadakan kompetisi semacam ini, namun saat itu antusiasme peneliti ITS masih kurang sehingga tidak lagi diadakan pada tahun 2005. Dan pada tahun ini LPPM mencoba membuat kegitan serupa dengan harapan lebih banyak peneliti yang ikut dalam event tersebut.

Untuk peneliti, ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu kategori pemula, perintis, dan produktif. Untuk kategori pemula, peserta adalah dosen dengan jabatan maksimal asisten ahli dan strata pendidikan S1. Kategori perintis dengan jabatan maksimal peserta adalah lektor dan strata pendidikan S2. Sedangkan untuk kategori produkstif, peserta adalah dosen yang tidak termasuk kategori di atas.

Prosedur pengusulan peneliti terbaik diawali dengan mengisi borang yang disediakan oleh LPPM. Setelah itu, peserta diwajibkan menyerahkan abstrak penelitian, SK, sertifikat masalah yang dipresentasikan, makalah hasil penelitian yang dipublikasikan, serta jurnal atau proceeding halaman muka serta daftar isi.

Sedangkan prosedur pengusulan jurusan dan laboratorium terbaik adalah dengan mengisi dan menyerahkan borang yang telah disediakan LPPM. Penilaian akan dilakukan dengan visitasi ke masing-masing laboratorium oleh tim penilai. "Ada lima orang yang masuk tim penilai dalam event ini. Semua berasal dari LPPM ITS," ungkap Paulus. Ia juga menambahkan bahwa pengumpulan borang paling lambat diterima LPPM tanggal 26 Mei 2006.

Dikatakan Paulus, dalam event ini untuk peneliti terbaik akan meraih sertifikat serta satu set desktop. Untuk jurusan terbaik akan mendapat sertifikat serta dua set desktop. Sedangkan untuk Laboratorium terbaik akan meraih sertifikat serta dua set desktop. "Kami berharap semua jurusan dapat ikut berpastisipasi dalam event ini, untuk info lebih lanjut tentang Research Award dapat menghubungi LPPM ITS di nomor telepon 5944792," pungkas Paulus. (Jie/ftr)

Berita Terkait