ITS News

Minggu, 29 September 2024
20 April 2006, 11:04

PIMITS 9 Sukseskan Tahun Kreativitas, Undang Menpora

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tiap tahun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS menggelar kegiatan yang di dalamnya mengupas tentang inovasi dan kreativitas mahasiswa. Kegiatan yang dinamakan Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) ini dikemas dalam bentuk pameran, seminar, lomba dan pengabdian masyarakat. Dan tahun 2006 ini, PIMITS telah berlangsung untuk ke-sembilan kalinya.

Rencananya, acara akbar ITS yang digelar selama sepekan mulai Jumat (21/4) besok ini akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Adhiyaksa Dault SH MSi. Hal ini diungkapkan Koordinator OC (Orginizing Committee), Chasby Sidqi. “PIMITS tahun lalu tidak menghadirkan mentri untuk membuka acaranya, tapi InsyaAllah kali ini, Pak Adhiyaksa bersedia membuka acara hari Senin sekitar jam 10 pagi,” tandasnya. “Setelah itu, rencananya kami akan ajak Pak Mentri keliling di PIMITS,” imbuh mahasiswa jurusan Teknik Industri angkatan 2003 ini.

Chasby pun menegaskan bahwa ada sekitar 20 acara dari serangkaian kegiatan PIMITS 9. Ini merupakan peningkatan dari tahun lalu yang hanya menyajikan belasan acara saja. Acara itu, lanjut Chasby, diantaranya adalah Education Expo (EduExpo), Gelar Produk Mahasiswa (GPM), Pimits Market, Unjuk Kreasi Mahasiswa (UKM) dan Visual Art Competition. Kelima kegiatan ini akan dihelat selama lima hari penuh, mulai Senin-Jumat (24-28/4) di Graha ITS.

Sedangkan kegiatan lainnya akan diadakan beberapa hari dalam selang waktu sepekan. Misalnya, Festifal Film Indie, Seminar Anti Virus, Bedah sekolah, dan English Debate Competition. Sebagai acara pembuka, papar mahasiswa berkacamata ini, akan didahului dengan Bedah Sekolah, workshop Robotika dan workshop English Debate. “InsyaAllah untuk Bedah Sekolah akan dimulai besok (20 April, Red) di Kenjeran, sedangkan workshop Robot dan English Debate tangggal 21 nya. Workshop akan disisipi technical meeting sebagai persiapan lomba besoknya,” pungkas Chasby.

Sementara itu, ketua SC (Steering Committee), Dedy Kuncahyono, mengungkapakan latar belakang diadakannya PIMITS kembali. Kegiatan rutin dan besar ITS, kata mahasiswa yang akrab disapa Kun ini, merupakan salah satu langkah perangsang inovasi dan kreativitas serta wujud apresiasi terhadap hasil karya mahasiswa ITS. Hal ini sekaligus sebagai langkah pengembangan potensi mahasiswa ITS. “PIMITS digelar sebagai wujud kreativitas mahasiswa ITS dalam bidang ke-ilmihan,” paparnya. Selain itu, imbuh mahasiswa jurusan Teknik Fisika angkatan 2003 ini, PIMITS juga merupakan suatu sarana yang mempertemukan kalangan dari dunia pendidikan, industri, dan pemerintah. PIMITS 9 yang digelar pada tahun 2006 ini juga sebagai langkah cerdas ITS untuk mensukseskan Tahun Kreativitas yang telah dicanangkan mentri Pemuda dan Olahraga Indonesia. (th@/ftr)

Berita Terkait