ITS News

Sabtu, 28 September 2024
27 April 2006, 16:04

Pelajar SMA Se-Gerbangkertosusilo Serbu ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pengenalan sejak dini merupakan langkah awal yang tepat untuk menarik minat calon mahasiswa. Hal itu yang dimaksudkan oleh panitia Open House Pimits 9. Di sela-sela kegiatan, mereka mengundang para pelajar SMA se-Gerbangkertasusila untuk mengenal sedikit lebih jauh tentang ITS.

Open House dimulai di Plasa Dr Angka, dibuka oleh Pembantu Rektor 3, Dr Ir Achmad Jazidie MEng, didampingi ketua Pimits 9, Chasby, dan koordinator Open House, Dina Hasanah. Hadir dalam pembukaan Open House, SMAN 5 Surabaya, SMA Dr Soetomo Surabaya, SMA Muhammadiyah Surabaya, SMAN 11 Surabaya, SMAN 20 Surabaya, SMAN 1 Surabaya, SMAN 2 Surabaya, dan SMAN 4 Surabaya. Sedangkan dari luar kota, ada SMA 1 Gresik, namun karena salah tempat, mereka tidak mengikuti upacara pembukaan dan langsung menuju Graha ITS.

Para pelajar yang datang kebanyakan dari kelas X dan XI, karena saat ini kelas XII sedang melaksanakan UAS. Jumlah pelajar yang hadir tidak mencapai angka seratus. Dan di sela-sela mereka, beberapa orang guru tampak mendampingi anak didiknya. “Sebenarnya sasaran utama kita adalah pelajar kelas XII, mungkin karena timingnya yang tidak tepat, mereka tidak dapat ikut,“ terang Hendry, salah seorang panitia.

Dalam sambutannya, Jazidie menceritakan sedikit tentang kehidupan kampus ITS yang akan mereka lihat, juga tentang kondisi fisik kampus. “Anda nanti akan melihat kehidupan mahasiswa ITS, yang mungkin nanti akan anda alami sendiri,” kata Jazidie. Dan nantinya, ketika mengunjungi jurusan dan laboratorium-laboratorium, Jazidie mempersilahkan para pelajar SMA itu untuk meminta dilakukan percobaan dalam laboratorium.

Usai dibuka, peserta dibagi dalam sepuluh distrik, yang mana tiap distrik akan mengunjungi tiga jurusan berikut lab-labnya. Dalam kunjungannya, peserta berjalan kaki sambil dikenalkan langsung dengan kondisi kampus ITS. Untuk pelajar SMA yang mengunjungi kampus D3 Teknik Sipil, disediakan bis kampus untuk menuju kampus ITS Manyar itu. Sedangkan yang mengunjungi kampus Teknik Perkapalan, mereka diperkenankan mengunjungi Pusat Desain dan Rekayasa Kapal Nasional (PDRKN) yang dua hari sebelumnya (24/5) baru diresmikan.

Setelah masing-masing mengunjungi tiga jurusan, peserta istirahat dan sholat di jurusan terakhir, sebelum dilanjutkan ke Graha ITS untuk mengambil makan siang. Selesai makan siang, mereka dipersilahkan langsung mengunjungi stand-stand yang ada di Pimits 9. Agar lebih menarik, tiap jurusan yang diwakili himpunan mahasiswa memamerkan karyanya pada para pelajar. Tampak sekali bahwa peserta Open House tertarik dengan apa yang dipamerkan disana. “Bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Karyanya menarik,“ ujar Echa dari SMAN 1 Surabaya yang juga disepakati oleh kedua temannya. (ech/rin)

Berita Terkait