ITS News

Minggu, 29 September 2024
28 April 2006, 18:04

Siswa SMA Adu Piawai Bikin Robot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebanyak 33 tim dari berbagai SMA di Jatim beradu piawai merancang robot dengan didampingi instruktur dari mahasiswa ITS. Kontes robot tersebut berlangsung di sela-sela workshop robotika dalam rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIM-ITS) ke-9 kemarin. "Jadi, kontes tidak hanya menjadi ajang siswa SMA, tapi juga pertaruhan para mahasiswa ITS yang bertindak jadi pembimbing masing-masing peserta," kata Aldo, salah satu panitia PIM-ITS.

Siswa-siswa SMA yang menjadi peserta berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bangkalan, Sumenep, dan Tuban. Dua di antara tiga gelar terbaik diborong SMA Negeri 1 Tuban melalui karya kedua timnya, Robot Bellerephon dan Robot El-Save. Mereka meraih peringkat satu dan dua. Posisi ketiga ditempati SMA Negeri 1 Bangkalan dengan karya Robot Neutron.

"Kami lebih tertarik mengikuti kegiatan ini ketimbang ikut pemilu bupati yang hari ini (kemarin, Red) digelar di Tuban. Alhamdulillah kami akhirnya dapat menyabet juara pertama dan kedua," ungkap Imam Baihaqi, anggota tim Robot Bellerephon yang duduk di kelas II IPA 5 itu. Dia tertarik untuk mengikuti kegiatan serupa pada kesempatan lainnya.

Selain memperebutkan posisi tiga besar, ajang ini juga memberikan penghargaan untuk desain terbaik dan konstruksi terbaik. Predikat Desain Terbaik diraih Robot Neutron dari SMA 1 Bangkalan.

Sementara itu, gelar Konstruksi Terbaik direbut tim SMA Al Hikmah Surabaya dengan Robot Mizuhiki. Yang menarik, tim ini ternyata beranggotakan tiga cewek. Masing-masing Lukar Herlina, Fathiya Ikrimah, dan Prasilia Ramadhani. "Senang juga meski tidak juara," ungkap Lukar. (ris)

Berita Terkait