ITS News

Minggu, 29 September 2024
29 April 2006, 09:04

Sepeda Sederhana Mengapung di Air

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bentuk alat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sepeda biasa yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan tambahan. Misalnya satu jok tambahan, gading fiber (alat untuk membantu mengapung), serta dua rantai dan propeller (baling-baling). Lebar gading fiber antara 10 cm hingga 20 cm. Sedangkan panjangnya sekitar 4 meter.

Cara pengoperasian HSP ini juga cukup sederhana. Dengan mengayuh kedua pedalnya, sepeda dan pengemudinya langsung berjalan di atas air. Namun, HSP ini hanya bisa digunakan di kolam dan danau saja. "HSP ini hanya dapat digunakan pada air yang mempunyai permukaan tenang," ujar salah satu panitia stan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya M. Faizal.

Beban maksimal yang bisa dipikul sepeda ini adalah 120 kg. Untuk menjalankannya ini, diperlukan kolam dengan kedalaman minimal satu meter. "Di danau juga bisa," ujarnya

HSP ini juga ditampilkan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM-ITS) di stan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Kemarin merupakan puncak acara dari kegiatan yang dilaksanakan sejak 24 April lalu. (rth)

Berita Terkait