ITS News

Sabtu, 28 September 2024
30 April 2006, 12:04

Ingin Sukses, Jangan Terbenam dalam Kegagalan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam One Day Seminar: ”Being A Successman”, BEM FTI ITS menampilkan tiga pembicara yang kompeten dalam hal ini. Sebut saja Indayati Oetomo, International Director John Robert Power, M Zainal Abidin, Direktur Eksekutif PT CELL Indonesia, dan seorang pembicara dari HRD Toyota.

Pada kesempatannya, Indayati Oetomo mengungkapkan kepada peserta seminar tentang bagaimana menjual diri atau How to Marketing Yourself. Dikatakan Ibu dari dua anak ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat memasarkan diri dengan baik dan menjadi orang sukses. ”Pertama anda harus mengenali kemampuan diri anda sendiri,” ungkapnya.

Menanggapi kegagalan yang sering dialami ketika seseorang ingin menjadi lebih baik, Indayati, mengatakan haruslah dijadikan pelajaran. ”Learn from Failure, Saat anda gagal tapi selalu berusaha itu menandakan anda adalah orang yang struggle. Dan itu adalah nilai positif. Jangan setelah gagal lalu terbenam,” katanya.

Sebetulnya, kata Indayati Oetomo, yang merusak diri untuk tidak maju adalah latar belakang atau trauma masa lalu dalam istilah psikologi. Untuk dapat sukses, lanjutnya, seseorang harus memiliki passion agar bisa bermanfaat buat orang lain. Menurut Indayati pula, positive attitude itu penting. ”Kalau 100 persen komitmen, anda akan sukses,” katanya mantap.

Sementara itu, dikatakan Huda Istikha Lubis selaku ketua panitia seminar, kegiatan semacam ini sangatlah penting dan mendapat dukungan penuh dari ITS, dalam hal ini adalah Pembantu Dekan III FTI. ”BEM FTI memang berfungsi sebagai wadah khusus untuk mengeksplor soft skill,” katanya

Seperti diketahui, kata Lubis, mahasiswa di bangku kuliah hanya dibekali hard skill saja. Dan itu dirasa kurang jika ingin meraih kesuksesan. ”Dalam seminar ini kami menawarkan berbagai ilmu mengenai cara mengatur diri dan memasarkan diri yang baik, memberikan wawasan tentang jaringan dan kesempatan kerja,” kata mahasiswa Teknik Material angkatan 2004 ini.(asa/ftr)

Berita Terkait