ITS News

Minggu, 29 September 2024
15 Mei 2006, 08:05

Gita Smala Terbaik Di ITS Choir Competition

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Paduan Suara Mahasiswa (PSM ) ITS untuk pertama kalinya mengadakan kompetisi paduan suara dengan tajuk ITS Choir Competition 2006. Kompetisi tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana ini berlangsung meriah. Apalagi penampilan tim peserta sangat memukau dala persaingan yang ketat.

Dalam kompetisi ini sebagian besar peserta yang bersaing mewakili sekolah-sekolah dari Surabaya, yaitu tim paduan SMA Trimurti, SMA Muhammadiah 2, dan SMAN  6 dan SMAN 5  Surabaya. Yang unik adalah peserta dari tim GPRS yang merupakan gabungan dari paduan suara tiga sekolah, yaitu SMA 1, 2, dan 3 Sidoarjo.

Dalam kompoetisi ini, tiap tim harus membawakan lagu wajib berjudul Blue Moon karya David Blackwell dan lagu pilihan.  Selain menampilkan komposisi suara, tim-tim peserta juga menunjukkan koreografinya yang kreatif. Tim gabungan SMA Sidoarjo misalnya, menyanyi dengan bersimpuh seperti membawakan lagu tradisional Jawa.

Diantara  lagu pilihan yang dibawakan peserta adalah lagu daerah. Di kompetisi ini, ternyata musik tradisional bisa juga dibawakan dalam choir (paduan suara). Untuk menambah suasana etnik, beberapa tim mengenakan kostum tradisional kebaya dalam penampilanya.

Paduan suara Gita Smala dari SMAN 5 Surabaya akhirnya berhasil menjadi yang terbaik dalam kompetisi ini. Sementara itu juara dua direbut oleh tim paduan suara GPRS dari gabungan SMAN 1,2 dan 3 Sidoarjo. Sedang juara tiga direbut oleh paduan suara SMA Trimurti. Begitu diumumkan sebagai juara, puluhan pendukung tim paduan suara SMAN 5 langsung menyambunya dengan gembira sembari menyanyikan lagu sekolah mereka.

Juri dalam kompetisi ini adalah pelatih paduan suara dari perguruan tinggi dan SMU. Mereka adalah Supriyanto, pelatih paduan suara ITN Malang, Eko pelatih UNS Surakarta dan Maya pelatih paduan suara dari SMU St Louis. Menurut tim juri, persaingan dalam kompetisi ini sangat ketat. “Nilai antara juara satu dan dua tidak terpaut jauh, “ terang Supriyanto. Kualitas tim peserta secara keseluruhan, menurutnya, juga cukup bagus. “Ada tim yang yang baik pada saat membawakan lagu wajib, tapi ada juga yang bagus saat membawakan lagu pilihan” jelasnya.

Selain para peserta kompetisi, Auditorium Pascasarjana kemarin juga dipenuhi ratusan pendukung tim peserta dan penggemar paduan suara di Surabaya. Apalagi sebelum pengumuman pemenang ada penampilan dari Ika Puti, artis Surabaya yang terkenal lewat soundtrack film Virgin.(rif/ftr)

Berita Terkait