ITS News

Sabtu, 28 September 2024
21 Mei 2006, 14:05

IM Adakan In Action Training

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kajian jurusan Matematika ‘Ibnu Muqlah’ (IM) menggelar pelatihan kader untuk jenjang kedua bagi mahasiswa barunya. Kegiatan yang diberi nama IM In Action Training ini dilakukan selama dua hari semenjak Sabtu (20/5) di dua tempat berbeda yaitu Masjid Baitul Muttaqien Kenjeran dan Masjid Manarul Ilmi ITS.

Menurut penuturan salah satu panitia acara, Ummi, mengatakan bahwa pelatihan ini diperuntukkan bagi adek-adek jurusannya angkatan 2005.”Nantinya, mereka akan ditempatkan sebagai penerus kami di kajian jurusan. Ini adalah penjenjangan yang kedua bagi mereka,” papar mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2004 ini.

Selain dibekali berbagai materi terkait dengan pengenalan diri (who am I) dan pemahaman ilmu agama, peserta juga dibekali dengan games. Salah satunya adalah permainan yang melatih strategi dan cara berpresentasi yang cepat, efektif dan baik. Kelompok mahasiswa putri dibagi menjadi tiga kelompok. Tiap-tiap kelompok diberikan barang yang berbeda. Dan dalam waktu sekitar sepuluh menit mereka harus berusaha memikirkan hal yang akan dipresentasikan. Setelah itu, akan dievaluasi oleh kelompok lain dan dipaparkan hikmah dari presentasi yang disampaikan. “Yang kita katakan kepada orang lain juga harus sama dengan yang kita lakukan,” ungkap panitia menyebutkan salah satu hikmahnya. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu di lokasi masjid Kenjeran.

Sedangkan, pada Minggu paginya mereka ditempatkan di Masjid Manarul Ilmi ITS untuk mengikuti kajian bersama. Setelah itu, dilanjutkan dengan beberapa agenda acara training yang lain. (th@/)

Berita Terkait