ITS News

Minggu, 29 September 2024
30 Mei 2006, 12:05

Hari Ini, Tiga PTN Umumkan PMDK

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di antara ketiga PTN tersebut, ITS paling banyak menerima mahasiswa baru melalui jalur PMDK. Yakni, mencapai 1.097 orang. Mereka diterima melalui empat jalur. Yaitu, PMDK kemitraan, PMDK berprestasi, PMDK berbeasiswa, dan PMDK reguler. PMDK berbeasiswa menerima 47 mahasiswa, PMDK reguler (368 mahasiswa), PMDK prestasi (15 mahasiswa), dan PMDK kemitraan (667 mahasiswa).
Khusus PMDK berbeasiswa, siswa yang diterima adalah mereka yang pandai dalam bidang akademik, tapi berasal dari keluarga kurang mampu. Pendaftar program itu mencapai 820 siswa. Mereka berasal dari berbagai wilayah seperti Medan, Balikpapan, Bontang, Aceh, Timika, Kalimantan, dan beberapa daerah di Jawa.

Mahasiswa yang diterima melalui PMDK Berbeasiswa akan mendapatkan beberapa kemudahan. "Mereka dibebaskan uang kuliah selama lima tahun. Mereka juga akan mendapatkan biaya hidup tiap bulan Rp 500 ribu," jelas Rektor ITS Prof Mohammad Nuh.

Dana yang diberikan tersebut berasal dari beberapa pihak. Di antaranya, sumbangan dosen ITS, alumni ITS, perusahaan, serta pemkab daerah asal mahasiswa bersangkutan.

Pengumuman PMDK bisa dilihat sejak tadi malam pukul 19.00 di website ITS, www.its.ac.id. Selain itu, hasilnya bisa dilihat di papan pengumuman di Kampus ITS hari ini.

Calon mahasiswa yang diterima bisa mendaftar ulang pada 1-16 Juni pukul 08.00-16.00 (PMDK kemitraan). Untuk PMDK berbeasiswa, reguler, dan prestasi, daftar ulang hanya dibuka sehari selama dua jam. Yaitu pada 5 Juli pukul 09.00-11.00. "Kurang atau lebih dari jam tersebut, daftar ulang tidak akan dilayani," tegas Sukemi, staf ahli pembantu rektor III ITS bidang komunikasi.

Selain PMDK berbeasiswa, ada PMDK reguler. Program tersebut ditujukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik menonjol. Yaitu, siswa kelas tiga SMA/SMK yang menduduki peringkat 1-10 di kelasnya.

PMDK kemitraan diperuntukkan bagi putra-putri daerah pemkab/pemprov dari luar Jawa (kecuali Madura). Juga, bagi instansi yang telah menjalin kerja sama atau kemitraan. PMDK berprestasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa berbakat atau berprestasi di tingkat nasional atau internasional di bidang sains, teknologi, dan seni.

Pada tahun akademik 2006-2007, ITS akan menerima 3.500 mahasiswa baru. Sebanyak 1.097 mahasiswa melalui jalur PMDK dan sisanya melalui jalur SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru).

Berita Terkait