ITS News

Senin, 30 September 2024
01 Juni 2006, 18:06

ITS Targetkan Tiga Juara

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS menerjunkan sembilan tim dalam kontes ini. Dalam sambutannya, Nuh mengatakan agar tim selalu kompak. Meski ITS menjuarai KRI 2005 dan KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia), namun harus tetap rendah hati. "Tentu saja ITS harus tetap punya keinginan menjadi juara," ujarnya.

Dalam kontes ini ITS menargetkan tiga juara dari empat kategori. Yakni, KRI, beroda dan expert. Empat kategori yang dilombakan itu adalah KRI dan tiga kategori KCRI. Kategori KRI terdiri atas robot manual dan otomatis. Sedangkan KCRI terbagi atas robot senior berkaki dan senior beroda, serta expert.

Dalam latihan bersama Minggu (28/5)lalu, robot berkaki masih belum maksimal. Sedangkan yang lain sudah cukup memuaskan. Misalnya, robot KRI bisa melaksanakan tugasnya dalam waktu kurang dari satu menit. Begitu juga dengan robot beroda dan expert. "Keduanya juga bisa melaksanakan tugas dengan waktu kurang dari yang telah ditentukan," ujar Tri Budi, ketua rombongan.

Salah satu dosen pembimbing dari tim DEPTH4, Eko Henfri B, berharap ITS dapat mempertahankan prestasinya. "Selain itu diharapkan mereka juga dapat meraih juara pada kategori yang belum pernah menang, beroda dan berkaki," katanya.

Kesembilan tim robot yang berangkat terdiri atas empat tim KRI dan lima tim KCRI. Mereka akan bersaing dengan tim robot lainnya dari seluruh Indonesia.

Ada 80 tim yang berlaga dalam ajang nasional ini. 40 tim KRI dan 40 tim KCRI. Akan dipilih satu tim pemenang dari KRI untuk mengikuti Abu Robocon 2006 di Kuala Lumpur Malaysia. (rth)

Berita Terkait