ITS News

Minggu, 29 September 2024
13 Juni 2006, 08:06

Total, ITS Kirim 16 PKM untuk Pimnas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seperti pemberitaan sebelumnya, 7 PKM ITS dinyatakan lolos seleksi tahun 2006 untuk maju ke Pimnas, 24-29 Juli mendatang. Ditambah 9 PKM hasil seleksi tahun 2005, total, ITS akan mengirimkan 16 PKM menuju Universitas Muhammadiyah Malang, tempat diselenggarakannya Pimnas XIX.

Sembilan PKM yang dinyatakan lolos dari seleksi tahun 2005 dengan rincian dua Program Kreativitas Mahasiswa Penulisan Ilmiah (PKMI), dua PKM bidang Pengabdian Masyarakat, (PKMM), dua PKM bidang Kewirausahaan (PKMK), satu bidang penelitian (PKMP), dan dua bidang teknologi (PKMT), sedang sisanya 7 PKM dari seleksi tahun 2006, masing-masing dua tim untuk bidang PKMM, PKMP, PKMT dan satu tim untuk bidang PKMK.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr Ir Achmad Jazidie MEng, ketika ditemui Senin (12/6) siang mengatakan, pada pelaksanaan Pimnas mendatang di Malang, ITS bakal mengirim tim untuk semua bidang yang dilombakan. “Untuk PKM dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa di tingkat institut terus bertambah. Tahun ini saja kami sedikitnya mengirim 77 proposal, tapi kemudian yang lolos dan dibiayai Dikti hanya 30 dan dari 30 itu yang lolos ke Pimnas hanya tujuh. Sementara tahun 2005, ITS hanya meloloskan 18 judul yang dibiayai,” katanya.

Diungkapkan Jazidie, minat para mahasiswa di ITS untuk ikut didalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di tingkat nasional makin besar. Ini antara lain karena ITS juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi di masing-masing bidang, seperti pemberian beasiswa dan lainnya. “Kami berharap di Pimnas nanti dapat lebih banyak lagi membawa medali, sebagaimana di Pimnas tahun lalu yang dilangsungkan di Universitas Andalas, Padang,” katanya.     

Jazidie menjelaskan, pelaksanaan Pimnas tahun ini diharapkan akan lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya. Alasannya, pihak Dikti telah melakukan seleksi secara ketat. ”Kalau sebelumnya masing-masing perguruan tinggi tidak dibatasi jumlah yang lolos ke Pimnas, kini untuk PKM telah dibatasi, masing-masing untuk satu bidang maksimal dua tim untuk satu perguruan tinggi. Ini artinya seleksinya makin ketat, dan penilaiannya di Pimnas juga makin baik,” katanya.

Dikatakannya, kini para mahasiswa peserta PKM yang lolos ke Pimnas sedang dipersiapkan untuk memperbaiki materi, termasuk didalamnya melakukan revisi ringkasan hasil pelaksanaan PKM dan melengkapi beberapa formulir aplikasi, serta mempersiapkan presentasi PKM dalam bentuk penyajian berupa audio visual, poster, dan gelar produk hasil PKM. (humas/asa)

Berita Terkait