ITS News

Minggu, 29 September 2024
22 Juni 2006, 08:06

Minat Lulusan SMA ke SPMB Tinggi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negri (PTN) tahun ini benar-benar menarik perhatian lulusan SMA tahun 2006. Tercatat hampir separuh jatah formulir SPMB habis dalam penjualan hari pertama (20/6) kemarin. Tahun ini, panitia lokal Surabaya yang membuka pendaftaran di Graha ITS, menyediakan 22.000 formulir untuk tiga pilihan, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC).

Formulir yang disediakan ini cepat habis. "Hingga hari ini (21/6) sudah terjual 9.934 formulir. Sudah hampir separo terjual," jelas Ketua Tim Pendaftaran SPMB Lokal Surabaya, Drs Yusmono. Dia merinci, di antara 9.934 formulir itu, sebanyak 4.187 formulir IPA terjual, IPC (2.330), dan IPS (3.417).

Menurut pria yang sudah berulang kali menjadi Ketua Panitia Lokal Surabaya ini, pendaftaran tahun ini berbeda dengan pendaftaran tahun lalu. "Minat alumni SMA tahun ini benar – benar tinggi. Ini di luar prediksi kami, rencananya kami akan meminta formulir tambahan untuk jaga-jaga sebelum kehabisan," ungkap Yusmono.

Sampai saat ini, panitia pendaftaran SPMB belum mengalami masalah yang cukup berarti. "Kami adalah orang-orang lama dalam pendaftaran SPMB. Jadi sedikit banyak akmi sudah tahu dan paham masalah-masalah yang akan kami hadapi ataupun bagi para pendaftar. Paling sering para pendaftar banyak mengalami masalah dalam kelengkapan administrasi," ungkap Yusmono.

Dikatakannya pula, pada hari pertama kemarin juga ada pendaftar yang berasal dari Malaysia. "Waktu itu, saya ditemui lulusan SMU dari Malaysia yang ingin ikut SPMB, saya memperbolehkan, asal sudah sesuai dengan syarat dan prosedur yang berlaku," terang Yusmono.

Susunan panitia untuk SPMB panitia lokal Surabaya tahun ini terdiri dari ITS, UNAIR, UNESA, dan Unijoyo. "Kepada para lulusan SMA sebelum mendaftar mohon dilihat syarat-syarat dan kelengkapannya, jadi tidak kebingungan saat sudah di sini. Atau kalau ingin info lebih lanjut bisa melihat infonya di www.spmb.or.id, " terang Yusmono. (jie/rif)

Berita Terkait