ITS News

Minggu, 29 September 2024
26 Juni 2006, 09:06

Johan Bangun Aceh

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rupanya pakar tata kota itu kini sedang dibutuhkan tenaga dan pikirannya untuk membangun permukiman untuk korban bencana tsunami di Aceh. Dia terlibat di program rehabilitasi permukiman di Tanah Rencong itu sejak beberapa bulan silam. Posisisnya sebagai konsultan.

"Pokoknya, sulit mencari saya sekarang di Surabaya. Saya lebih banyak di Aceh. Mungkin dalam setahun, hanya setengah bulan saya berada di Surabaya. Itupun hanya Sabtu dan Minggu saja," ujar Johan Silas ketika menjadi pembahas dalam diskusi buku Sketsa Tokoh Suroboyo di Hotel Tunjungan, Sabtu (24/6) siang.

Proyek siapakah yang dikerjakan Johan? Dia tidak bersedia menjelaskan. "Ya jelas proyek milik rakyat Aceh to," kata pria kelahiran Samarinda 24 Mei 1936 ini.

Berapa rumah yang dibangun dalam proyek itu, suami Maria Silas ini menyebutkan 8.000 unit dan tersebar di beberapa wilayah Aceh. "Tapi ini bukan proyek permukiman yang dikelola pemprov Jatim. Yang itu sudah selesai lama," tandas bapak lima anak dan kakek delapan cucu ini.

Dedikasi keilmuwan lulusan Arsitektur ITB dan pendiri Jurusan Arsitektur ITS itu pantaslah bila dimasukkan dalam jajaran tokoh Surabaya seperti isi buku karya Agus Wahyudi itu.

"Saya termasuk orang yang beruntung dilibatkan dalam proses pembangunan kota ini. Bahkan sejak wali kota pertama R. Soekotjo dan penerusnya Poernomo Kasidi. Terus terang, saya sangat apresiatif terhadap dua wali kota nekat itu," tandasnya. (ai)

Berita Terkait