ITS News

Sabtu, 28 September 2024
18 Juli 2006, 17:07

Workshop Data Mining, Selami Lautan Data

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbicara tentang kemajuan teknologi memang selalu menarik, terlebih jika pembahasan melibatkan ilmu komputer. Dan itulah suasana yang terlihat dalam workshop Data Mining PENS ITS 2006 kali ini. Para peserta nampak begitu antusias menyimak setiap penjelasan yang dibawakan oleh Prof. Dr Ir Arif Djunaidy MSc, salah seorang guru besar sistem informasi ITS.

Dalam urainnya tentang Pengenalan Data Mining, dekan Fakultas Teknologi dan Informasi (FTIf) ini menjelaskan bagaimana peran data mining jika seseorang bermain dalam lautan data. "Data mining memang tak dapat dihindarkan manakala seseorang terjun ke dalam teknologi data base komputer," katanya.

Lebih jauh lagi Arif, melalui slidenya menjelaskan, data mining sebagai wujud metode pengolahan data dalam jumlah besar telah mengalami perkembangan dalam beberapa dekade. Hal ini dapat dilihat dari evolusi teknologi data base sejak era 60-an hingga era 2000 saat ini. Pemanfatannya pun semakin luas . Sebut saja perusahaan Walmart dengan 20 miliar traksaksi/hari, Google dengan kemampuan 8,2 billion web pages, satelit NASA dengan kemampuan akses 1,2 TB/hari, dan Yahoo dengan kemampuan 10 GB web data/hari.

Workshop Data Mining yang dilaksanakan hingga Kamis nanti ini, mayoritas diikuti oleh peserta dari kalangan akademisi dan instansi pemerintahan luar daerah. Di antaranya seperti : BNI, UNESA, Universitas Taruma Negara Jakarta, Unikom Bandung, STT Telkom Bandung. Dan tak tanggung-tanggung hadir pula peserta dari luar Jawa yakni Bengkalis, Riau dan Poltek Medan.

Banyaknya peserta yang berasal dari luar daerah menyebabkan koordinasi pada hari pertama agak terganggu. Penyebab utamanya, mayoritas dari peserta belum mengetahui lokasi penginapan yang akan mereka tempati. ”Kesulitan pada acara seperti ini biasanya terletak pada hari pertama. Masalahnya, peserta masih bingung di mana letak Guest House ITS, tempat penginapan mereka. Seperti saat ini saja pihak panitia masih mengantar peserta yang baru datang ke Guest House," tutur Rengga Asmara SKom, salah seorang OC workshop, disela-sela berlangsungnya acara sesi pertama.(m1/asa)

Berita Terkait