ITS News

Sabtu, 28 September 2024
03 Agustus 2006, 01:08

IECC, Lembaga Pendidikan Baru BEM ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Lembaga baru BEM ini bernama ITS Education Care Center (IECC) yang merupakan satu lembaga baru semi otonom di lingkungan BEM ITS dengan bidang pendidikan sebagai fokus utamanya. Bertujuan untuk mengabdi pada masyarakat, lembaga baru ini diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam peningkatan mutu pendidikan di sekitar kampus, terutama pada tingkat dasar dan menengah.

Organisasi semacam IECC sendiri sebenarnya sudah lama diusulkan oleh salah satu direncanakan oleh para mahasiswa ITS di ITS. Tapi, karena beberapa alasan, usulan tersebut baru terealisasi pada masa kepengurusan BEM saat ini.

Dimasukkannya IECC dalam struktur BEM periode pengurusan ini pun, tak lepas dari beberapa pertimbangan diantaranya program kerja yang menarik, yang bersifat aplikatif pada masyarakat.

Menurut Detak Yan Pratama, presiden BEM ITS 2006/2007, ada beberapa keistimewaan yang dimiliki IECC sehubungan dengan posisinya sebagai lembaga semi otonom BEM. ”Keistimewannya, lembaga ini bersifat solutif, dan struktur kegiatannya pun telah terencana dengan baik dan jelas. Tinggal menunggu bagaimana konsistensinya nanti untuk mengabdi pada masyarakat,” tuturnya saat ditemui di sekretariat BEM ITS Kamis (3/8) ini.

Adapun wujud partisipasi aktif yang akan diberikan oleh IECC antara lain adalah program orang tua asuh, survey pendidikan, pemberian beasiswa, pencarian donatur, dan lain-lain. Secara umum program-program yang telah direncanakan oleh IECC tersebut diperuntukkan terutama bagi siswa maupun guru sekolah-sekolah menengah.

”Dan teknisnya mungkin nanti secara tidak langsung juga melibatkan mahasiswa-mahasiswa ITS,” jelas Detak menambahkan.

Satu hal yang sangat penting, masih menurut Detak, dalam rangka sosialisasi IECC ke seluruh warga kampus, BEM ITS akan menggelar launching IECC pada awal masa kerjanya. ”Rencananya launching IECC ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Agustus,” jelas mahasiswa Teknik Fisika ini.

Lebih lanjut, dalam rangka turut membantu kesuksesan program dari lembaga baru ini, Detak mengharapkan do’a dan dukungan dari segenap civitas akademika ITS.”Program ini bukanlah milik kita pribadi semata, tapi merupakan wahana kita untuk turut berkonstribusi dan beramal. Di samping itu kapan lagi kita bergerak kalau tidak mulai dari sekarang,” tuturnya. (m1/rif)

Berita Terkait