ITS News

Sabtu, 28 September 2024
03 Agustus 2006, 15:08

PTN Jatim Umumkan Hasil SPMB Lebih Awal

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembantu Rektor III ITS, Dr Ir Achmad Jazidie MEng, selaku penanggungjawab PULSE (Public University Link System East Java), Jaringan 9 perguruan tinggi negeri di Jatim, mengatakan, PULSE akan menyediakan akses internet dan SMS untuk masyarakat didalam memperoleh hasil pengumuman lebih cepat. ”Kami tahu situs panitia SPMB juga menyediakan itu, tapi dapat dibayangkan jika dalam waktu yang hampir bersamaan, semua peserta mengakses internet, maka akan terjadi kamacetan, dan untuk itu PULSE berinisiatif untuk membuka layanan tambahan melalui webnya di alamat www.pulse.web.id,” katanya, Kamis (3/8) siang di Kampus ITS.

Dikatakannya, selain layanan via internet, pihaknya juga menyediakan akses SMS di nomor 9168 dengan cara ketik info spasi pulse spasi nomor spmb dan kirim ke nomor itu dengan tarif Rp 1.000 per SMS. ”Kami masih ingin meminta izin pada para pimpinan perguruan tinggi untuk bisa membuka akses internet dan layanan SMS lebih awal dibanding dengan panitia pusat yang menjadwalkan pada pukul 00.00, Sabtu, 5 Agustus 2006. Jika izin dari pimpinan 8 perguruan tinggi membolehkan, kami akan membuka akses mulai pukul 18.00 di internet dan pukul 22.00 untuk layanan SMS,” katanya.

Diungkapkan Jazidie, ada beberapa kelebihan bagi para peserta untuk melihat di internet hasil pengumuman itu. Bagi mereka yang gagal dapat segera mencari infomasi program studi yang masih dibuka, seperti Program Diploma dan Politeknik di masing-masing perguruan tinggi itu. Selain itu pengakses juga bisa melihat beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dibawa serta disediakan informasi tentang tata cara daftar ulang di masing-masing PTN.

Sabtu Pendaftaran
Sementara itu dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS diperoleh informasi, pelaksanaan pendaftaran di ITS sudah bisa dilaksanakan pada Sabtu, 5 Agustus 2006. Sedang Minggu 6 Agustus pihaknya juga memberikan pelayanan pendaftaran, termasuk fasilitas bank dan pemeriksaan kesehatan. ”Kami sengaja membuka pendaftaran mulai 5 Agustus dan juga melayanai pendaftaran pada hari Minggu, karena kami berkejaran dengan jadwal perkuliahan awal yang memang sangat mepet,” kata Kepala BAAK, Drs.R.Harry Santoso.

Harry mengharapkan, mereka yang diterima di ITS dan berasal dari wilayah Jawa Timur, bisa melakukan pendaftaran hingga 8 Agustus, sedang mereka yang berasal dari luar Jatim bisa mendaftarkan hingga 14 Agustus.

Beberapa persyaratan penting yang harus disiapkan, diantaranya, membawa nomor bukti SPMB, bukti pembayaran, hasil tes kesehatan yang dilakukan di Medical Centre ITS, pas foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar, foto kopi NEM dan STTB yang telah dilegalisir, serta membawa yang asli.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar? Harry menjelaskan, total biaya untuk pendaftaran mencapai Rp 5,4 juta dengan perincian, Rp 3,5 juta untuk Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Rp 1 juta untuk SPP satu semester, dan Rp 900 ribu untuk kebutuhan orientasi mahasiswa baru. (humas/asa)

Berita Terkait