ITS News

Sabtu, 28 September 2024
05 Agustus 2006, 22:08

Kapal Gole’an Dipamerkan di Kanada

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kapal Golean yang mewakili ITS memang belum berhasil meraih yang terbaik dalam IMC lalu. Dalam kejuaraan itu juara umum lomba diraih oleh tim dari Irlandia, tim Indonesia yang diwakili Tim ITS hanya berhasil meraih juara harapan 1 untuk nomor favorit Jackstay Transfer dan Captain Giggs. Namun, penampilan Gole’an sangat memukau hingga mendapat kehormatan untuk dipamerkan di Kanada. Hal ini disampaikan dosen pembimbing kegiatan IMC, Ir Ketut Pria Utama MSc PhD, dalam serangkaian acara syukuran yang digelar Jumat (4/8) kemarin.

Walau gagal di event dua tahunan itu, sebagai satu-satunya perwakilan dari negara Asia Pasifik, Tim ITS Maritime Challenge (ITS-IMC) 2006 mendapat perhatian khusus dari para peserta IMC. "Waktu itu kapal kami di coba oleh semua peserta event ini, semuanya merasa kagum dengan peninggalan nenek moyang kita yang satu ini," ungkap Ketut. Dikatakan Ketut, semua peserta dan juri IMC merasa kagum dan sangat interest dengan kapal Madura tersebut.

Saat ini kapal Gole’an itu berada di Kanada. Dan rencananya akan dipamerkan di Toronto awal Januari mendatang. "Banyak negara yang meminta kapal itu, namun saya mengatakan pada mereka bahwa kapal itu sudah ter-register sebagai hak milik ITS, jadi tak bisa dijual atau diberikan kepada siapapun," lanjutnya.

Namun Ketut memberikan tawaran kepada beberapa peserta dari negara lain yang ingin membuat kapal Gole’an, ITS siap mengirimkan ahlinya untuk membantu pembuatannya. "Kemarin peserta dari Belanda sangat interest dengan Gole’an, saya menawarkan untuk kerjasama pembuatan. Ini akan menjadi pembahasan kami lebih lanjut," terang Ketut.

Di ajang IMC selanjutnya, tim ITS masih sangat diharapkan kehadirannya. "Tahun 2008 besok IMC akan diselenggarakan di Finlandia. Para juri dan peserta lainnya sangat mengharapkan kehadiran kami, doakan saja semoga kami bisa mengukir prestasi kembali," pungkas Ketut. (jie/rif)

Berita Terkait