ITS News

Sabtu, 28 September 2024
23 Agustus 2006, 23:08

Bekali Calon Wisuda Lewat Seminar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menghadapi dunia kerja saat ini tidaklah mudah. Seorang sarjana tidak menjadi jaminan untuk diterima bekerja di suatu perusahaan atau instansi. Untuk itu perlu pemberian pembekalan mengenai persaingan mendapat peluang kerja. Melalui seminar sehari bertempat di ruang seminar Rektorat ITS lantai tiga, hadir sedikitnya 120 peserta yang terdiri dari calon wisuda Jurusan Statistik ke 93 dan beberapa mahasiswa ITS lainnya.

”Ya ini kan temanya udah jelas, jadi kita sedikit memberikan pembekalan buat para calon wisuda agar mampu bersaing dalam dunia kerja baik di luar negeri maupun luar negeri,” ujar Denny Permatasari selaku ketua panitia.

Hadir dua pembicara yang berkompeten di bidangnya antara lain, salah satu karyawati senior Bumiputera Surabaya, Ninuk Ratih Herawati dan dosen Universitas Surabaya, Drs Muhammad Rosiawan MT.

Dengan pengalaman yang tak sedikit, Ninuk banyak bercerita pengalamannya dalam dunia kerja yang dapat dijadikan kiat untuk bersaing. ”Agar tidak menjadi yang tereliminasi ada beberapa trik yang bisa anda coba antara lain, ketauhilah dirimu sendiri, ketahuilah ke mana dan mengapa kamu menuju perusahan yang dituju,” jelas Ninuk dengan gaya interaktif pada audience.

Tak hanya penjelasan kiat menghadapi dunia kerja, acara yang rutin diadakan tiap tahun ini juga diberikan materi mengenai pentingnya sistem manajemen mutu sesuai ISO 9000:2000.

”Sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam rangka meningkatkan kualitas mutu suatu perusahaan, diantaranya dipengaruhi oleh pendidikan, keahlian, dan pengalaman,” ungkap Rosiawan yang juga alumnus jurusan Statistik ITS.

Manfaat acara ini sangat dirasakan oleh para peserta. Selain memperoleh sertifikat ISO 9000:2000, juga mendapat wacana tentang dunia kerja. “Wah bermanfaat sekali, jadi setidaknya para calon wisuda nanti sudah tak asing lagi gimana kiat untuk menghadapi persaingan dunia kerja, apalagi ditambah tentang ISO 9000:2000,” pungkas salah satu peserta, Eko Supriyono.

Di akhir acara ketua Jurusan Statistik, Ir Mutiah Salamah Chamid Mkes memberikan penghargaan peraih IPS tertinggi bagi mahasiswa Jurusan Statistik yang dibedakan menurut tingkat pendidikan, S1, D3, dan S1 Ekstensi.(han/rif)

Berita Terkait